Sukses

Beauty

Mengenal Baking: Teknik Aplikasi Bedak untuk Makeup Lebih Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Nama teknik baking dalam dunia kecantikan bukanlah hal yang baru. Teknik penggunaan bedak ini populer sejak para makeup artist dan selebriti mempraktikkannya untuk mendapatkan riasan lebih tahan lama, termasuk Kim Kardashian. Namun apakah kamu sudah tahu apa itu baking sebenarnya?

Baking adalah teknik untuk mendiamkan bedak pada wajahmu selama beberapa saat, sekitar 3 sampai 10 menit. Saat bedak didiamkan, suhu panas tubuh akan membantu membuat foundation dan concealer di bawah bedak lebih menempel (set), sehingga makeup menjadi tidak mudah bergeser dan lebih tahan lama. Jika kamu ingin mencoba teknik baking, simak panduannya di sini, ya!

1. Aplikasikan foundation dan concealer

Mulailah dengan mengaplikasikan makeupmu seperti biasa, dimulai dari base complexion. Jadi aplikasikan primer, foundation, lalu lanjutkan dengan concealer. Untuk mendapatkan hasil baking yang lebih maksimal, menjaga hidrasi wajah sangatlah penting, jadi jangan lewatkan penggunaan pelembap dan juga eye cream sebelumnya.

Memakai bedak dengan tepat

2. Aplikasikan bedak pada area yang membutuhkan

Menggunakan spons lembap, angkat bedak taburmu, lalu tap di bagian yang butuh ‘pertahanan’ ekstra. Misalnya, di area bawah mata yang kerap creasing, area dahi yang berminyak, atau sekitar cuping hidung yang cepat bergeser. Apalagi, teknik baking tak hanya dapat membantu mencegah makeup bergeser, tapi juga dapat membantu menahan minyak. Satu hal yang perlu diingat, dalam pengaplikasikannya bedak ini jangan diratakan atau digeser, ya.

3. Diamkan bedak selama beberapa menit

Nah, ini dia poin terpenting dari teknik baking, yaitu mendiamkan bedak selama beberapa menit. Tak ada aturan saklek berapa lama kamu harus mendiamkannya, namun umumnya berkisar antara 1-10 menit. Selama menunggu proses baking, kamu bisa menyelesaikan sisa makeup lainnya seperti riasan mata. Fyi, teknik ini dinamai baking karena tampilan bedak tabur putih menyerupai tampilan gula maupun tepung pada kue yang sedang dipanggang (baking).

Mengaplikasikan bedak dengan benar dan tepat

4. Sapu sisa bedak

Menggunakan fluffy brush, sapukan sisa-sisa bedak ke arah luar sambil meratakan makeup yang masih terlihat kurang membaur. Selesai, deh! kamu bisa melanjutkan dengan penggunaan setting spray untuk hasil makeup yang lebih tahan lama.

Baca juga: Wajah Mudah Berkeringat? Berikut 5 Tips Makeup Lebih Awet yang Bisa Dipraktikkan

5. Memilih bedak tabur

Umumnya, teknik baking tidak dilakukan sehari-hari, melainkan untuk acara-acara spesial. Nah, jika kamu menggunakan teknik baking untuk acara spesial (terutama saat kamu akan banyak berfoto), pastikan untuk memilih bedak tabur yang halus dan tidak mengandung silica, titanium dioxide, maupun zinc oxide yang dapat menyebabkan flashback dan membuat wajah tampak seputih kertas di foto.

Baca juga: Pentingnya Tahapan Baking Saat Aplikasi Makeup

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kandungan Bahan Alami yang Baik untuk Merawat Rambut dan Kulit Kepala
Artikel Selanjutnya
Tips agar Wangi Parfum Lebih Awet dan Tahan Lama