Sukses

Beauty

11 Manfaat Argan Oil untuk Lindungi Kulit dan Rambut dari Polusi-Polutan

Fimela.com, Jakarta Polusi udara dengan segala polutannya menjadi problematika tambahan bagi perempuan yang hidup di perkotaan, terutama Jakarta. Selain mengganggu kesehatan pernapasan juga menyebabkan berbagai masalah kulit dan rambut.

Menggunakan skincare untuk melindungi kulit dari polusi dan polutan sudah menjadi kewajiban. Sayangnya polutan yang terdisi dari radikal bebas bisa dengan mudahnya masuk pori-pori dan merusak lapisan pelindung alami kulit.

Nah, minyak argan atau argan oil menjadi salah satu kandungan yang dengan mudah menembus kulit untuk meningkatkan kelembapan alami seperti melansir dari prevention.com. Argan oil membantu mengaktifkan lipid dan kolagen yang bisa menjaga kadar air dan kekenyalan kulit seperti penjelasan dokter kulit di Montgomery Dermatology Erum Ilyas.

Karena tekstur minyak argan relatif ringan, selain wajah bisa juga diaplikasikan pada rambut. Berikut ini manfaat argan oil untuk kulit dan rambut yang membantu memproteksi dari polusi udara dan polutannya;

Manfaat untuk Kulit

1. Menambahkan kelembapan

Argan oil meningkatkan hidrasi pada kulit karena mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi. Vitamin E juga membantu memperkuat skin barrier sehingga dapat mempertahankan lebih banyak hidrasi. Direkomendasikan untuk menambahkan beberapa tetes 100% pure argan oil pada pelembap harianmu.

2. Mengurangi keriput

Karena bergizi dan bernutrisi, minyak argan juga dapat membantu kulit terlihat lebih muda. Sebab seiring bertambahnya usia, kita kehilangan kolagen dan elastisitas yang mengarah pada kerutan. Dengan penggunaan topikal, minyak argan juga mampu meningkatkan elastisitas pascamenopause.

3. Mencerahkan kulit dan memudarkan bintik-bintik gelap

Polusi juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi atau bercak coklat pada kulit yang disebabkan oleh hormon, penuaan, atau paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Nah, Minyak argan dapat membantu meningkatkan dan mencerahkan warna kulit kita.

Minyak argan mengandung tokoferol (senyawa vitamin E) yang dapat menghambat produksi pigmen berlebih dari melasma atau bekas luka. Penelitian pada hewan juga menunjukkan proses percepat penyembuhan dari bekas luka bakar.

4. Kulit bersih

Bagimu yang berjuang melawan kulit berminyak dan cenderung berjerawat pasti ragu menambahkan minyak pada treatment kecantikan. Namun sebuah penelitian menunjukkan aplikasi topikal minyak argan dua kali sehari selama empat minggu membantu mengurangi pori-pori dan jerawat yang tersumbat.

 

Manfaat untuk Rambut

5. Melembapkan rambut

Kandungan minyak argan bisa ditemukan dalam masker favorit atau mengaplikasikan minyak argan murni. Aplikasikan pada rambut basah setelah keramas dan biarkan selama 20 menit. Untuk hasil terbaik, pakai shower cap untuk mengunci kelembapan dan bilas hingga bersih.

6. Atasi kulit kepala yang gatal

Sudah pernah mencoba minyak argan untuk membasmi ketombe membandel? Sebab minyak argan memberikan manfaat anti-inflamasi dan tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan rusaknya folikel rambut.

Idealnya gunakan beberapa tetes minyak argan ke kulit kepala dan pijat lembut untuk merangsang sirkulasi darah. Biarkan semalaman sebelum dibilas pada pagi harinya.

7. Mencegah kerusakan karena alat styling

Vitamin E dan asam lemak dalam minyak argan melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan akibat panasnya alat styling. Untuk melindungi rambut Anda saat mengeringkan , meluruskan, atau menggulung, oleskan dulu beberapa tetes minyak argan ke rambut basah atau kering sebelum dan sesudah penataan rambut.

 

Manfaat Argan Oil untuk Rambut

8. Membuat semakin bersinar

Tidak seperti minyak lainnya seperti kelapa dan zaitun, minyak argan mudah diserap ke dalam helai rambut, sehingga tidak meninggalkan residu berminyak. Kandungan asam lemaknya juga membantu mengembalikan kilau rambut.

9. Pelindung dari sinar UV

Minyak argan bekerja seperti tabir surya berkualitas tinggi untuk rambut, menetralkan radikal bebas yang ditingkatkan oleh polusi dan sinar matahari. Selain itu, antioksidan dalam minyak argan bermanfaat untuk rambut yang diwarnai untuk mencegah hilangnya pigmen dan memperpanjang umur warna rambut.

10. Merangsang pertumbuhan rambut

Fenol yang ditemukan dalam minyak argan merangsang kulit kepala dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Terutama untuk rambut rontok. Pijatlah minyak argan ke kulit kepala selama beberapa menit untuk merangsang aliran darah dan membuka pori-pori.

;
Loading