Sukses

Beauty

Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan Rambut

ringkasan

  • Bantu pertumbuhan rambut
  • Memperbaiki tekstur rambut
  • Madu untuk mengembalikan kilau rambut

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika madu merupakan salah satu hasil alam dengan sejuta manfaat bagi manusia. Baik untuk konsumsi harian maupun penggunaan topikal, madu bisa dikreasikan untuk banyak produk. Tak hanya baik untuk wajah, tahukah kamu kalau madu juga memiliki banyak manfaat sebagai perawatan rambut? Ada berbagai pilihan jika kamu ingin merawat rambut dengan memanfaatkan madu. kamu bisa menggunakan madu murni atau memanfaatkan produk rambut yang mengandung madu. Jika kamu berniat untuk menggunakan hasil alam yang diberikan lebah ini, ada baiknya mengetahui berbagai manfaat madu untuk merawat rambut, berikut ini.

Bantu pertumbuhan rambut

Rambut yang terus menerus rontok dalam jumlah banyak dapat menimbulkan kekhawatiran dan bayang-bayang mengalami kebotakan. Terlebih jika kamu sudah menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut dan belum merasakan hasil yang signifikan. Mengalami hal ini? Jika, ya mungkin sudah saatnya untuk beralih menggunakan madu untuk atasi kerontokan. Melalui sebuah penelitian, diketahui madu dapat memacu pertumbuhan sel epitel, yakni bagian dari kulit yang membentuk folikel dan saluran tempat rambut tumbuh. Selain itu, madu bersifat antioksidan, anti-bakteri, dan antiseptik sehingga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan menghindari munculnya penyakit yang lazim ditemui di kulit kepala seperti eksim, psoriasis, dan ketombe.

Memperbaiki tekstur rambut

Rambut yang halus lebih mudah diatur dan dikreasikan. Untuk mendapatkan tekstur lembut dan halus seperti itu kamu bisa menggunakan masker rambut dengan kandungan madu sebagai perawatan tambahan. kamu bisa menjajal Daeng Gi Meo Ri Honey Intensive Hair Mask yang mengandung madu, royal jelly, dan ekstrak bunga matahari. Tak hanya dirancang untuk mengembalikan kelembapan helai rambut, masker ini juga dapat melindungi rambut terhadap radiasi UV dan faktor eksternal lainnya. Selain itu, secara alami madu bersifat humektan, yakni mampu mengikat molekul air sehingga dapat meningkatkan kelembapan rambut. Asam amino yang terkandung dalam madu juga berfungsi untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan bertekstur lembut.

Pewarna rambut alami

Ingin mencoba mengganti warna rambut natural tapi masih takut dengan bahan kimia yang terdapat pada cat rambut? Eits, kamu sebenarnya bisa menggunakan madu untuk mewarnai rambut, lho! Campurkan tiga sendok makan madu dan dua sendok makan air, lalu aplikasikan pada rambut yang masih lembap dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas. Kunci untuk menggunakan madu sebagai pewarna rambut alami adalah dengan mengaplikasikannya selama seminggu sekali sampai kamu melihat hasil yang diinginkan.

Madu untuk mengembalikan kilau rambut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, madu memiliki sifat humektan. Namun tak hanya itu, madu juga bersifat emolien. Sifat emolien ini membuat madu baik untuk melembapkan kelenjar rambut dan menutrisi setiap helai rambut agar tetap sehat. Tentu saja, rambut yang sehat dari akar akan tampak berkilau. Warna hitam natural pun akan terlihat bersih dan mengkilap. Menggunakan produk harian yang mengandung madu seperti Herbal Essences Honey & Vitamin B Sulfate-Free Conditioner dapat menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan berkilau. Rambut sehat, kuat, dan berkilau pun tak hanya bisa dimiliki oleh bintang iklan sampo, tapi juga kamu!

Baca juga: Punya Masalah Ketombe? Mungkin Ini Salah Satu Faktor yang Menjadi Penyebabnya

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan Secara Rutin Menurut Para Ahli
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Berkandungan Kaolin Clay yang Perlu Dicoba