Sukses

Beauty

Manfaat Yucca, Umbi Asal Amerika Selatan yang Bagus untuk Kecantikan

ringkasan

  • Mampu menjaga kesehatan rambut
  • Mengatasi jerawat yang meradang
  • Mencegah kerusakan kulit dan anti radikal bebas

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah mendengar nama Yucca sebelumnya? Tumbuhan bernama latin yucca guatemalensis ini adalah sejenis tanaman umbi yang biasanya tumbuh di daerah-daerah kering, seperti Mexico dan Amerika Selatan. Di daerah ini pula, Yucca digunakan sebagian bahan makanan pengganti kentang karena memiliki lebih banyak kandungan karbohidrat namun rendah gula.

Tak hanya dijadikan bahan makanan, ekstrak akar Yucca kerap digunakan pengobatan herbal. Seiring dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, beberapa penelitian pun menemukan manfaat Yucca bagi kecantikan. Selain kaya akan serat, tanaman yang memiliki daun runcing dan bunga berwarna putih ini juga kaya akan kandungan anti-oksidan, seperti saponin, resveratrol, serta fitonutrien, dan beberapa zat penting lainnya. Lantas apa saja manfaat tanaman umbi satu ini?

Menjaga Kesehatan Rambut

Selain sebagai pengobatan herbal, sejak zaman dahulu masyarakat Amerika Selatan dan Meksiko telah memanfaatkan ekstrak akar Yucca sebagai solusi untuk beberapa masalah rambut, seperti kerontokan, ketombe, hingga membersihkan kulit kepala. Dilansir dari website yourhairlossexpert.com, Yucca dapat membantu merangsang pertumbuhan dan menutrisi rambut agar tumbuh lebih kuat, tebal, dan bervolume. Selain itu, kandungan saponin pada tanaman ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan gatal akibat ketombe, serta membersihkan kulit kepala.

Manfaat Lainnya

Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Akar Yucca kaya akan kandungan anti-oksidan, salah satunya adalah resveratrol yang membantu kulit untuk melawan kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas, serta membantu proses regenerasi sel kulit secara alami. Selain itu, ekstrak akar Yucca juga mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat untuk menutrisi dan menjaga kesehatan kulit, seperti Vitamin A, C, dan E. Tak hanya itu, minyak alami yang terbuat dari ekstrak akar Yucca juga bisa membantu menyamarkan garis-garis halus pada kulit wajah dan aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

Mengatasi Jerawat Meradang

Dikutip dari Purequosa, Yucca tak hanya mengandung zat anti-oksidan dan Vitamin saja, namun juga dilengkapi dengan khasiat anti-inflamasi atau peradangan. Tidak heran jika akar Yucca juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat, termasuk menenangkan jerawat yang meradang. Mengaplikasikan minyak akar Yucca atau produk yang mengandung ekstrak akar Yucca pada jerawat tidak hanya mampu mengempeskan jerawat, tetapi juga diklaim juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit.

Mengontrol Berat Badan

Jika akar dari tanaman Yucca bisa dimanfaatkan untuk kulit dan rambut, maka umbi dari tanaman ini dapat dikonsumsi sebagai alternatif karbohidrat pengganti nasi atau kentang untuk membantu mendapatkan dan menjaga berat badan yang ideal. Tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah beriklim kering ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks, serta kaya akan serat yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga membuat kamu lebih mampu untuk mengontrol nafsu makan dan berat badan.

Baca Juga: Tak Hanya Memiliki Tampilan yang Cantik, Bunga Peony Juga Menyimpan Banyak Manfaat untuk Kulit, Lho!

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan Secara Rutin Menurut Para Ahli
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Berkandungan Kaolin Clay yang Perlu Dicoba