Sukses

Beauty

Tips agar Teknik Micro Concealing Efektif Jadikan Riasan Semakin Flawless

ringkasan

  • Tentukan shade yang tepat, jangan ragu mencampurkan beberapa produk
  • Tentukan produk dengan pigmentasi yang sesuai dengan kebutuhan
  • Gunakan concealer dalam takaran pas

Fimela.com, Jakarta Tampilan riasan flawless terkadang identik dengan berbagai lapis produk complexion yang tebal dan terasa berat, hingga membuat kulit sulit 'bernapas'. Dan salah satu produk makeup yang kerap digunakan dalam jumlah cukup banyak adalah concealer. Bila sebelumnya kerap menggunakan concealer dalam jumlah banyak demi mendapatkan complexion sempurna, mungkin sudah saatnya kamu mempraktikkan teknik micro concealing yang dipopulerkan oleh beauty influencer, Bambi Does Beauty. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus memerhatikan beberapa hal. Berikut tips yang bisa diaplikasikan agar teknik micro concealing efektif jadikan riasan semakin flawless tanpa makeup yang tebal!

1. Tentukan produk dengan pigmentasi yang sesuai dengan kebutuhan

Saat memilih concealer yang akan digunakan untuk melakukan teknik micro concealing, kamu perlu mempertimbangkan intensitas warna yang dihasilkan oleh produk tersebut. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan ketidaksempurnaan kulit yang ingin disamarkan. Karena teknik makeup ini dilakukan dengan mengkamulkan concealer dalam jumlah sedikit, maka seperti apa hasil yang diinginkan (baik itu sheer, medium atau full coverage) harus disesuaikan dengan kemampuan concealer yang digunakan agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Tepat Menggunakan Concealer Sesuai Kebutuhan Kulitmu

Tips Memakai Teknik Micro Concealing

2. Tentukan shade yang tepat, jangan ragu mencampurkan beberapa produk

Tiap-tiap orang memiliki warna kulit berbeda yang tentunya akan membutuhkan concealer dengan warna yang berbeda pula. Menurut penuturan Mario Dedivanovic di halaman artikel situs Byrdie, untuk menghasilkan riasan flawless menggunakan teknik micro concealingmu perlu menggunakan shade concealer yang senada dengan warna kulit. Sedangkan, produk concealer yang ada di pasaran mungkin tidak ada yang benar-benar sama dengan kulit kamu. Sebagai solusinya, Mario menyarankan untuk tidak ragu mencampurkan beberapa shade hingga menemukan yang benar-benar tepat sesuai warna kulit, agar hasilnya tampak lebih natural.

Baca Juga: Warna-Warna Concealer dan Fungsinya

3. Buat hasilnya tahan lama dengan teknik baking

Kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian orang saat mengaplikasikan concealer adalah tidak mengaplikasikan bedak untuk mencegah concealer yang digunakan sehingga tampilannya menjadi tampak cakey. Untuk menyempurnakan hasil dari micro concealing yang telah dipraktikkan, setelahnya bisa melakukan teknik baking menggunakan bedak tabur dengan warna transparan. Mario menyarankan teknik baking untuk mencegah concealer yang sudah diaplikasikan menjadi creasing dan riasan kamu bisa tahan lama. Bila perlu, kamu juga bisa menyemprotkan setting spray setelah selesai melakukan baking untuk memastikan concealer teraplikasi dengan sempurna.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Makeup untuk Teknik Baking yang Layak Dicoba

Tips Cantik Lainnya

4. Gunakan concealer dalam takaran pas

Tujuan utama dari teknik micro concealing adalah untuk menghasilkan riasan flawless tanpa produk riasan yang terlalu tebal sehingga area wajah yang tidak membutuhkan coverage masih bisa bernapas. Karenanya, saat mempraktikkan teknik ini kamu perlu memastikan kalau produk concealer yang digunakan tidak terlalu banyak. Selain itu, kamu juga bisa memilih concealer dengan tekstur yang cepat mengering dan memiliki coverage tinggi karena akan sangat membantu kamu menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah dengan maksimal. Aplikasikan sedikit terlebih dahulu, dan ulangi kembali bila wajah memerlukan coverage ekstra.

Baca Juga: Ini Dia 5 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Concealer Creasing

5. Gunakan aplikator yang tepat

Berdasarkan pengertiannya, micro concealing merupakan teknik menerapkan concealer dalam jumlah minim pada area yang benar-benar membutuhkan saja. Karenanya, Mario menyarankan untuk menggunakan brush kecil atau tipis seperti liner brush dengan mengambil sedikit produk saja dan kemudian membaurkan dengan lembut menggunakan tangan. Pemakaian sedikit produk dengan tingkat coverage yang tepat akan menjadikan tampilan wajah tampak lebih natural.

Baca Juga: Benarkah Menutupi Jerawat dengan Makeup Dapat Memperparah Kondisinya? Ini Jawaban Para Ahli

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Warna Lipstik yang Sesuai dengan Zodiakmu
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Moisturizer dan Face Oil, Mana yang Lebih Dulu Digunakan?