Sukses

Beauty

Apakah Es Batu Bisa Mengobati Jerawat? Ini Jawabannya

Fimela.com, Jakarta Tak hanya mengurangi rasa percaya diri, jerawat juga kerap datang disertai rasa nyeri dan meninggalkan bekas saat sudah kering. Nah, untuk mengatasi masalah kulit yang membandel ini, berbagai cara pun dilakukan. Mulai dari menggunakan bahan alami seperti buah atau sayur, hingga menggunakan es batu.

Pernah kebayang nggak, sih, es batu yang biasanya dicampur dalam sebuah minuman ternyata memiliki manfaat untuk mengobati jerawat juga? Dilansir dari Style Craze, seorang dokter dari Inggris mengatakan bahwa es batu dapat membantu penyembuhan jerawat. Nah, untuk mengetahui jawaban selengkapnya, simak penjelasannya di bawah, ya!

Apakah Es Batu Ampuh Mengobati Jerawat?

Gagasan penggunaan es batu untuk jerawat bukanlah hal baru, bahkan telah ada sejak tahun 1925 yang disuarakan oleh Giraudeau. Ia mengusung ide untuk menggunakan aseton, salju, karbon dioksida, dan sulfur untuk mengobati jerawat. Kini, dokter dari Inggris bernama James Amott juga menyarankan pengobatan es batu untuk menghilangkan jerawat karena beberapa alasan berikut:

1. Mengurangi pembengkakan dan peradangan

Jerawat yang memerah dan membengkak bisa jadi mimpi buruk oleh seseorang. Bagaimana tidak, kondisi ini menimbulkan rasa nyeri sekaligus membuat tampilan tidak maksimal. Es batu dapat membantu mengurangi kondisi tersebut. Suhunya yang dingin akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, sekaligus mengurangi rasa nyeri pada kulit.

2. Membantu mengecilkan pori-pori

Salah satu penyebab jerawat adalah tersumbatnya pori-pori kulit, sehingga terjadi penumpukan kotoran dan sel kulit mati yang dapat menjadi tempat bakteri. Nah, es batu mampu bekerja dengan mengencangkan pori-pori agar bakteri tak mampu menembus ke dalam kulit dan membantu mencegah pori-pori tersumbat.

Namun, es batu cenderung bekerja lebih efektif untuk mengatasi jenis jerawat meradang seperti papula, nodula, dan pustula, alih-alih pada jenis jerawat yang tidak meradang seperti blackhead atau whitehead.

Cara Menggunakan Es Batu untuk Pengobatan Jerawat

1. Gunakan ice pack

Sebaiknya, jangan menggunakan es batu secara langsung pada permukaan kulit. kamu dapat menggunakan handuk atau kain katun yang menjadi pembungkus es batu. Gosokkan pada area kulit berjerawat selama 10 menit. Kemudian hentikan selama 3-4 menit lalu aplikasikan kembali. Pastikan kamu tidak menggunakan es batu pada kulit lebih dari 20 menit.

2. Gunakan air dingin pada perawatan kulit

Jika kamu memiliki jerawat yang ringan, lewatkan penggunaan es batu. Cukup gunakan air dingin yang juga memiliki efek serupa. Semprotkan air dingin pada area wajah di pagi dan sore hari, atau gunakan air dingin untuk membilas pembersih muka kamu.

3. Mencampur es batu dengan bahan alami

Cara selanjutnya adalah mencampur air, beberapa tetes jus lemon, dan jus tomat, lalu bekukan menjadi es batu. Kemudian, tempelkan es batu yang sudah jadi pada area wajah yang meradang. kamu juga dapat menyeduh teh hijau atau chamomile untuk dibekukan menjadi es batu yang akan tempelkan pada wajahmu.

4. Celupkan wajah pada air es

Cara ini termasuk cara yang cukup mudah. Sahabat Fimela hanya perlu mengambil air dingin yang diletakkan dalam mangkuk dan tambahkan es batu ke dalamnya. Setelah itu, tambahkan juga beberapa potong lemon dan mentimun ke dalam mangkuk tersebut. Celupkan wajah kamu dalam mangkuk berisi campuran tersebut selama beberapa detik. Ulangi proses ini selama 2 hingga 3 menit.

Baca juga: Ice Cube Serum, Tren Serum Es Batu yang Murah Meriah. Tertarik Mencobanya?

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Produk Anti Jerawat yang Wajib Dibawa Saat Berlibur
Artikel Selanjutnya
Alasan Jerawat Muncul di Antara Alis, Pernah Mengalaminya?