Sukses

Beauty

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Skincare Berkandungan Benzoyl Peroxide

ringkasan

  • Meningkatkan fotosensitivitas kulit
  • Tidak mencampur penggunaan benzoil peroxide
  • Alergi terhadap benzoil peroxide

Fimela.com, Jakarta Menyelesaikan masalah jerawat pada kulit bisa menjadi tugas yang rumit bagi sebagian orang. Tak hanya harus mengubah gaya hidup agar lebih sehat, penggunaan produk topikal pun harus sesuai dengan jenis kulit dan masalah yang dialami. Jika ada satu kandungan yang paling efektif dan ampuh untuk meyembuhkan jerawat, tentunya bahan aktif itu disebut benzoyl peroxide. Akan tetapi bukan berarti kamu harus bergantung sepenuhnya pada benzoyl peroxide. Tanpa memperhatikan efek samping dari kandungan tersebut, kulit kamu bisa saja memunculkan masalah baru. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan skin care berkandungan benzoyl peroxide?

Meningkatkan fotosensitivitas kulit

Selama menggunakan skincare dengan kandungan benzoyl peroxide, kulitmu akan lebih sensitif terhadap sinar UV. Risiko kerusakan kulit seperti sunburn, sun spots, hingga iritasi akan lebih meningkat saat menggunakan skin care dengan kandungan ini. Untuk itu kamu perlu memerhatikan penggunaan sunscreen. Pastikan kulit telah terlindungi sebelum kamu memulai kegiatan harian. Pilihlah sunscreen yang tidak terlalu membuat kulit kering dan mengandung setidaknya SPF 30. Aplikasikan ulang sunscreen tiap 4-5 jam sekali untuk mengoptimalkan perlindungan pada kulitmu.

Kulit terasa lebih kering

Selain meningkatnya fotosensitivitas pada kulit, kandungan benzoyl peroxide juga menyebabkan tekstur kulit menjadi lebih kering. Iritasi seperti kulit yang mengelupas dan kemerahan juga mungkin muncul jika kamu tidak memperhatikan penggunaan benzoyl peroxide dengan baik. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rajin menggunakan pelembap setiap hari. Gunakan setiap kamu selesai membersihkan wajah, setelah menggunakan skin care dengan benzoyl peroxide, dan sebelum tidur. kamu juga bisa menyiapkan face mist sebagai tambahan hidrasi di tengah aktivitas serta meningkatkan konsumsi air putih harian.

Baca juga: Apakah Produk Skin Care dengan Kandungan Kolagen Dapat Memenuhi Kebutuhan Kulit? Ini Kata AhliMenjauhkan kain dari benzoil peroxide

Salah satu efek unik dari penggunaan benzoil peroxide adalah kemampuannya untuk memudarkan warna pada kain. Maka itu biarkan skin care dengan kandungan benzoyl peroxide terserap sempurna oleh kulit sebelum kamu berpakaian. Selain itu, pastikan kamu tidak menggunakan skin care dengan kandungan benzoyl peroxide sebelum berolahraga agar keringat yang tercampur benzoil peroxide tidak menyentuh pakaian.

Hal Lain yang Pwerlu Diperhatikan

Tidak mencampur penggunaan benzoil peroxide

Berkat kemampuannya dalam menyembuhkan jerawat, sebenarnya kamu tak perlu lagi menggunakan skin care lain dengan fungsi yang sama. Kulit yang bersih dari jerawat memang idaman, tetapi menumpuk beberapa produk untuk mengatasi jerawat di kulit tidak akan mempercepat prosesnya penyembuhannya. Apalagi jika kamu menggunakan skin care yang mengandung benzoyl peroxide. Saat dicampurkan dengan pengobatan jerawat lain kulit justru akan bereaksi. Kulit kemerahan, mengelupas, dan kering juga menjadi efek dari tindakan ini. Jika ingin mencampurkan benzoyl peroxide dengan produk lain sebaiknya konsultasikan lebih dahulu pada dermatolog kamu.

Alergi terhadap benzoil peroxide

Meski tergolong jarang, tetapi alergi terhadap benzoyl peroxide bisa terjadi pada kamu yang belum pernah mencobanya. Dan tanpa mencoba, tidak ada yang akan tahu bahwa kamu memiliki alergi pada benzoil peroxide, bukan? Jika kulit mulai terasa panas dan mengalami iritasi setelah mengaplikasikan skin care dengan benzoyl peroxide, maka segera hentikan pemakaian terlebih dahulu. Namun jika efek yang muncul lebih parah dari itu seperti terjadi pembengkakan pada kulit atau bahkan kesulitan bernapas, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter ahli untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Pendapat Para Ahli Tentang Kandungan Kafein di Dalam Produk Kecantikan dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips agar Wangi Parfum Bertahan Lama
Artikel Selanjutnya
Manfaat Lemongrass bagi Kesehatan Kulit yang Perlu Diketahui