Sukses

Beauty

Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan

ringkasan

  • Untuk perawatan wajah
  • Mencegah kanker kulit
  • Mengurangi selulit yang mengganggu

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin sering mengandalkan secangkir kopi sebagai mood booster dan metabolisme tubuh setiap hari. Jika minuman kopi digemari oleh banyak orang, lalu bagaimana dengan nasib ampas kopi? Kerap dibuang, ampas kopi yang masih baru, dan berumur tidak lebih dari 24 jam, nyatanya memiliki manfaat kecantikan yang baik untuk kulit, lho. Ini berkat kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas perusak kulit. American Chemical Society telah menemukan fakta bahwa ampas kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat.

Tingkat antioksidan dalam ampas kopi tergantung pada cara kopi diseduh. Ampas kopi terbaik adalah yang dikumpulkan di bagian bawah cangkir, tetapi yang tersisa di penyaringan juga dapat bekerja, kok. Menurut para ilmuwan dari University of Navvara di Spanyol, pembuat kopi plunger, filter, dan espresso meninggalkan kadar antioksidan tinggi, sementara mocha, rendah.Terlalu bagus untuk disia-siakan, berikut manfaat ampas kopi sebagai perawatan kulit yang bisa kamu lakukan dengan sekali pemakaian.

Baca Juga: Pendapat Para Ahli Tentang Kandungan Kafein di Dalam Produk Kecantikan dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Diketahui

Perawatan jerawat

Dalam kasus luka atau infeksi kulit, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu mengatasi masalah dari bakteri berbahaya. Chlorogenic acid dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami ampas kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat.

Samarkan lingkar hitam

Kopi juga dapat membantu menyamarkan dark circle atau lingkaran hitam yang membandel di bawah mata, ungkap Beverly Hills MD Cosmeceuticals. Ini karena kandungan kafein dalam kopi dianggap membantu melebarkan pembuluh darah yang berpengaruh pada lingkaran hitam. Untuk menyamarkan dark circle, kamu dapat mencampurkan masing-masing 1/2 sdt ampas kopi dan olive oil. Kemudian, tambahkan beberapa tetes air. Tepuk lembut di bawah mata, tanpa menggosoknya. Diamkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air atau usap menggunakan kain lembut. Lakukan secara rutin selama diperlukan.

Anti-aging

Mengaplikasikan ampas kopi pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam akibat sinar matahir, kemerahan, dan garis-garis halus. Faktanya, sebuah studi terpercaya menemukan kolerasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek penuaan dini.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Kecantikan dengan Kandungan Kafein untuk Atasi Berbagai Masalah Kulit

Manfaat Lainnya

Mencegah kanker kulit

Kopi adalah sumber vitamin B3 atau niasin, karena pemecahan senyawa yang disebut trigonelin. Setelah biji kopi dipanggang, trigonelin terurai menjadi niasin. Menurut Skin Cancer Foundation, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma.

Mengurangi selulit

Diperkirakan bahwa kandungan kafein dalam kopi merupakan kunci untuk pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Metode perawatan kulit ini dianggap baik digunakan melalui scrub ampas kopi, karena pengelupasan juga dapat menghaluskan kulit dan memberikan tampilan yang indah serta merata.

Baca Juga: Rawat dan Sayangi Bokongmu agar Tetap Mulus dengan Tips Berikut

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit untuk Calon Pengantin yang Sebulan Lagi Menikah
Artikel Selanjutnya
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Skincare Berkandungan Benzoyl Peroxide