Sukses

Beauty

Polyglutamic Acid: Kandungan Skin Care yang Ampuh untuk Melembapkan Kulit

ringkasan

  • Polyglutamic Acid adalah protein yang terbentuk secara alami dan biasanya diproduksi fermentasi bakteri Bacillus subtilis
  • Polyglutamic Acid sangat ampuh melembapkan kulit

Fimela.com, Jakarta Polusi udara, radikal bebas, paparan sinar matahari hingga seharian berada di ruangan ber-AC adalah beberapa faktor yang membuat kondisi kulit menjadi kering dan mudah mengalami dehidrasi. Tak hanya bikin wajah tampak kusam, kulit wajah yang terlalu kering atau dehidrasi bisa membuatnya mudah iritasi dan gampang mengalami masalah. Salah satu penyelamat kondisi kulit kering adalah penggunaan pelembap yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit.

Nah, di antara kandungan pelembap yang dikenal ampuh mengatasi kulit kering, mungkin sudah banyak mendengar hyaluronic acid, glycerin, lactic acid maupun ceramide. Namun pernahkah kamu mendengar tentang polyglutamic acid? Belakangan kandungan skin care ini sedang banyak dibahas oleh para dermatolog hingga beauty enthusiast karena kemampuannya dalam melembapkan kulit yang memberikan hasil yang jauh lebih baik dari kandungan lainnya. Benarkah demikian? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini!

Apa itu Polyglutamic Acid?

Berkaitan dengan skincare ingredient, mungkin nama kandungan polyglutamic acid masih terdengar asing di telingamu. Namun, belum lama ini kandungan skincare tersebut sedang banyak dibahas karena digadang-gadang memiliki kemampuan jauh lebih baik daripada kandungan lain yang selama ini menjadi bahan utama dalam produk skin care yang menawarkan klaim melembapkan kulit.

Polyglutamic Acid atau PGA adalah protein yang terbentuk secara alami dan biasanya diproduksi melalui proses fermentasi bakteri Bacillus subtilis (B.subtilis). Selain itu, Polyglutamic Acid juga bisa dihasilkan dari ekstraksi lendir kedelai yang telah difermentasi. Karena proses alami tersebut, menjadikan PGA menjadi salah satu kandungan skin care yang tak hanya bermanfaat untuk kulit tetapi juga ramah untuk lingkungan. Lalu apa kelebihan Polyglutamic Acid dan manfaat dari kandungan tersebut untuk kulit?

Manfaat Polyglutamic Acid untuk kulit

Para ahli di industri skin care mulai banyak merekomendasikan polyglutamic acid sebagai salah satu kandungan yang paling ampuh melembapkan kulit. Tak hanya menjaga dan mengunci kelembapan alami kulit, PGA juga dapat bekerja secara efektif dalam memberikan stimulasi sehingga sel kulit dapat menghasilkan kelembapan alaminya dengan maksimal. Berkat manfaatnya tersebut, polyglutamic acid memberikan banyak manfaat untuk kulit, di antaranya seperti:

  • Meningkatkan elastisitas kulit
  • Mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan akibat penuaan dini
  • Meminimalkan pigmentasi pada kulit
  • Mencegah kulit kehilangan kelembapan alaminya.

Perbedaan Polyglutamic Acid dengan Kandungan Moisturizer lainnya

Membahas tentang kandungan skincare yang dikenal keampuhannya dalam melembapkan kulit, mungkin Hyaluronic Acid adalah salah satu "bintang"-nya. Namun, belum lama ini co-founder brand skin care The Inkey List bernama Mark Curry, menemukan bahwa serum Polyglutamic Acid secara efektif dapat menjaga kelembapan sekaligus menghidrasi kulit. Apakah lebih baik? Jawabanya, ya. Tak hanya mampu menjaga dan mengunci kelembapan 5 kali lebih efektif dibandingkan dengan hyaluronic acid, PGA ternyata juga mampu membentuk lapisan pelindung yang dapat membantu mencegah hilangnya kelembapan alami kulit sehingga lebih efektif mencegah kulit kering maupun dehidrasi.

Lalu, bagaimana bila kamu sudah terlanjur jatuh cinta dengan hyaluronic acid? Tenang saja, ladies, karena Polyglutamic Acid bisa dikombinasikan dengan hyaluronic acid tanpa takut menimbulkan efek samping dan kamu pun bisa merasakan manfaat gkamu dari penggunaan keduannya. Menurut pendapat seorang dermatolog sekaligus co-founder dari BIA Life bernama Janelle Vega, MD, dalam artikel yang dimuat pada situs Well and Good, kamu tetap bisa menggunakan keduanya. Tipsnya, kamu bisa mengaplikasikan serum atau pelembap berkandungan hyaluronic acid terlebih dahulu, kemudian melanjutkannya dengan mositurizer berkandungan Polyglutamic Acid yang akan bekerja mengunci kelembapan dan memberikan perlindungan untuk kulit.

Baca Juga: Ragam Kandungan dalam Moisturizer yang Ampuh untuk Melembapkan Kulit

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Kandungan Bahan Alami yang Baik untuk Merawat Rambut dan Kulit Kepala
Artikel Selanjutnya
Tips agar Wangi Parfum Lebih Awet dan Tahan Lama