Sukses

Beauty

Dampak Buruk dari Berbagi Produk Makeup dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Saling pinjam meminjam produk makeup mungkin bukan hal yang aneh bagi perempuan. Padahal hal tersebut berisiko besar, lho.

Ada bahaya-bahaya tersembunyi yang mengincarmu akibat berbagi produk makeup yang telah menempel dari satu kulit wajah ke kulit wajah lainnya. Kamu tidak tahu, bakteri atau kotoran apa yang ada pada kulit seseorang? Bayangkan bila bakteri tersebut menempel pada kulitmu dan berkembang biak di sana.

Yuk kina kenali beragam risiko yang mungkin kamu hadapi bila berbagi produk makeup yang biasa kamu pakai dengan orang lain.

1. Kuman penyebab penyakit

Melansir dari situs The Independent, kuman penyebab flu dapat hidup di dalam produk makeup dan mudah menyebarkan penyakit.

 

 

2. Infeksi kulit

Bakteri berbahaya bisa berpindah dengan sendirinya dari brush, sponge, atau alat dan produk makeup lain. Satu infeksi yang patut diwaspadai adalah infeksi staph yang umumnya disebabkan oleh bakteri bernama staphylococcus. "Biasanya kecil, namun juga bisa sangat serius," ujar Dr. Anjali Mahto dari British Association of Dermatologis, dikutip dari Bustle.

3. Breakout

Kemungkinan paling umum dari berbagi makeup adalah breakout alias munculnya jerawat dalam jumlah banyak pada kulit. Breakout ini seringkali disebabkan oleh Propionibacterium acnes, bakteri yang muncul karena perpindahan minyak dan kotoran.

4. Infeksi mata

Kalau kamu berbagi maskara, atau eyeliner, ini mungkin kamu alami. Bulu mata sudah secara alami mengandung bakteri yang bisa berpindah ke spoolie ketika mengaplikasikan maskara. Bakteri tersebut kemudian ditransfer ke dalam tabung bersama udara yang terperangkap di sana, hingga jadilah 'tempat tinggal' yang sempurna bagi bakteri penyebab infeksi.

5. Cold sores

Penyakit infeksi kulit yang satu ini disebabkan oleh virus. Virus tersebut, bisa menginfeksi ketika kamu meminjamkan atau dipinjamkan produk bibir seperti lipstik, lipbalm, dan lainnya. Berhati-hatilah untuk meminjam atau meminjamkan produk ke orang lain, ya!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih Strategis, Produk Kosmetik Favorit Hadir dengan Konsep Pop-Up Store
Artikel Selanjutnya
Tren Makeup New York Hadir di Super Brand Day