Sukses

Beauty

Rekomendasi Pilihan Laser yang Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah mimpi buruk yang selalu ingin dihindari oleh banyak orang. Mengurus satu atau dua jerawat saja rasanya sudah kewalahan, belum lagi jika ditambah dengan bekasnya: noda hitam atau kemerahan yang membuat kamu kerepotan untuk menutupinya saat mengenakan makeup! Duh, rasanya menyebalkan banget, ya. Melarikan diri dari serangan jerawat mungkin memang sulit, namun perawatan laser yang aman dan efektif bisa jadi alternatif untuk kamu menghilangkan bekas jerawat, lho! Tidak hanya satu, ada beberapa perawatan laser yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Apa saja?

Fractional Laser

Fractional laser adalah perawatan laser CO2 yang menggunakan berbagai ukuran dan kepadatan microbeam yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah, laser jenis ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti untuk merawat kulit dari kerusakan sinar matahari, kerutan dan garis-garis halus, pigmentasi, serta mencegah pembentukan bekas luka baru.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Hal yang Dapat Membuat Pembentukan Bekas Jerawat Semakin Parah

Intense Pulsed Light (IPL)

Intense Pulsed Light cocok untuk bekas jerawat yang gelap atau coklat. Perawatan laser ini cenderung aman dilakukan, karena tidak banyak 'menyerang' tekstur kulit atau jerawat, dan berfokus pada warna bekas jerawat, sehingga perawatan ini dapat membantu mengembalikan warna kulit menjadi normal. Selain itu, IPL juga mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Poin penting di balik perawatan ini adalah bagaimana permukaan kulit yang lebih gelap dapat menyerap lebih banyak cahaya sinar laser, sehingga sebelum menembus kulit normal, laser sudah diserap di area kulit yang lebih gelap akibat bekas luka. Nah, panas dari laser akan bekerja memecah sel-sel berpigmen, deh!

Rekomendasi Laser Lainnya

V-Beam atau Pulsed Dye Laser (PDL)

Jika IPL cocok untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang berwarna gelap, lain halnya dengan PDL. Perawatan laser ini dinilai sangat akurat untuk menghilangkan bekas jerawat yang memerah (PIH) dan rosacea. Sinar cahaya yang terkonsentrasi akan 'menyerang' sel darah merah yang membesar melalui suhu panasnya. Lalu, pemanasan intens melalui pembuluh darah ini akan membuat lapisan kulit terluar hampir mati dan mengikis semua nutrisi dan oksigennya. Hasilnya, kulit pun akan terdorong untuk bergenerasi dan tumbuh kembali secara normal, menutupi kemerahan yang ada sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan Bekas Jerawat Post Inflammatory Hyperpigmentation dan Post Inflammatory Erythema yang Perlu Diketahui Para perempuan

eMatrix Sublative Rejuvenation

Perawatan eMatrix Sublative Rejuvenation ini terbilang unik, karena menggunakan frekuensi radio yang ditujukan untuk perawatan kulit. Manfaatnya? Banyak! Mulai dari mengurangi kerutan, noda bekas jerawat, pori yang besar, hingga melembutkan kulit. Setiap bunyi yang dikirim ke kulit akan mengaktifkan fibroblast pada area yang ditargetkan, yang kemudian memberi sinyal regenerasi kolagen pada area tersebut.

Baca Juga: Perlu Diketahui! Ini 5 Jenis Keriput pada Wajah Berdasarkan Faktor Penyebabnya

Active FX dan Deep FX

Selain perkara jumlah, masalah noda bekas jerawat terkadang terletak pada seberapa parah atau dalam luka yang ditinggalkan. Tidak perlu khawatir, ada dua pilihan laser yang bisa kamu lakukan, di antaranya perawatan Active FX yang direkomendasikan untuk bekas luka lebih kecil dan dangkal serta Deep FX yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat yang lebih besar dan dalam. Kedua perawatan laser ini relatif aman dilakukan bagi kamu yang memiliki luka atau noda bekas jerawat yang cukup serius, karena tidak merusak epidermis yang merupakan lapisan kulit paling sensitif dan hanya mempengaruhi dermis, yaitu lapisan kulit yang lebih tebal. Setelah melewati perawatan, tidak hanya bekas jerawat saja yang hilang, tetapi kulitmu juga menjadi lebih muda dan kencang.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu kamu Perhatikan Saat Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Lipstik Favorit Para K-Idol yang Menarik untuk Dicoba
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Foundation untuk Kulit Acne Prone dari Para Beauty Vlogger