Sukses

Beauty

Air Beras Alami, Sama Manfaatnya dengan Kandungan dalam Skincare Mahal

ringkasan

  • Air beras sudah lama dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan kulit
  • Banyak produk skincare yang menggunakan air beras sebagai bahan baku pembuatannya, karena air beras memang bermanfaat untuk kulit
  • Kamu bisa buat sendiri air beras untuk perawatan kulit di rumah, baca artikel selengkapnya!

Fimela.com, Jakarta Air beras sebagai bahan perawatan kecantikan sudah lama jadi andalan para perempuan. Zaman dahulu, cara ini sudah diterapkan oleh para perempuan Jepang untuk menjaga kulitnya tetap mulus.

Sebuah studi dari US National Library of Medicine, National Institute of Health tahun 2013 menunjukkan fermentasi beras dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Air fermentasi beras juga dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit hingga membuatnya mampu memerangi tanda penuaan. Selain itu, air beras mampu mengatasi berbagai masalah kulit lain seperti jerawat, maupun kulit kusam dan kering.

Tak heran, banyak produk kecantikan yang mengandung bahan dasar air beras. Contohnya saja; FTE SK-II, The Face Shop Rice Water Cleansing Cream, Cosrx Ultimate Nourishing Overnight Spa Mask, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Memanfaatkan Air Beras Alami

Cara paling umum untuk memanfaatkan air beras adalah dengan menjadikannya toner. Kamu bisa rebus dulu beras yang sudah bersih bersama air dengan perbandingan 1:4, biarkan mendidih, lalu aduk-aduk agar beras mengeluarkan zat-zat 'ajaib'-nya. Setelah itu, saring airnya dan dinginkan. Simpan dalam kulkas untuk penggunakan satu minggu tiap satu sesi pembuatan.

Selain direbus, kamu juga bisa pakai air beras mentah. Setelah bersih, cukup rendam saja selama 30 menit lalu aduk-aduk agar berasnya mengeluarkan zat-zat yang diharapkan. Baru, setelah itu dinginkan.

Untuk fermentasi, beras butuh direndam lebih lama yakni 2-3 hari sampai bau dan warnanya berubah.

Tidak ada sumber yang menyebutkan kalau beras bisa berbahaya digunakan di kulit, so, tidak ada salahnya kalau kamu coba, Sahabat Fimela!

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading