Sukses

Beauty

Cegah Iritasi, Ikuti Tips Bersihkan Kulit dengan Kondisi Eczema

ringkasan

  • Eczema atau eksim merupakan suatu kondisi di mana kulit yang cukup sering terjadi.
  • Bagi penderita eksim, penting sekali untuk menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang menimbulkan iritasi pada kulit.

 

Fimela.com, Jakarta Eczema atau eksim merupakan suatu kondisi di mana kulit yang cukup sering terjadi pada bayi seja baru lahir hingga usia 1 tahun. Dilansir dari Hello Sehat, eksim yang parah bisa membuat kulit memerah yang kering dan mengelupas. Bisa juga berupa beruntusan kecil yang mungkin mulai mengeluarkan cairan. 

Ketika eksim kulit mulai parah, kulit cenderung menebal, menggelap, juga tampak kering dan berupa garis-garis kasar. Dilansir dari Style Craze, beberapa orang memiliki kulit yang prone to eczema. Artinya, eksim mudah kembali. 

Selain menjalani perawatan dari dokter, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu sabun yang digunakan untuk mandi. Jangan pilih yang sembarangan, karena sabun biasa meski wangi bisa menimbulkan iritasi. 

Sabun yang memiliki bahan-bahan dasar cukup keras untuk kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering.Untuk menghindarinya, berikut beberpa tips memilih sabun yang aman untuk kulit eksim. 

Pilih Sabun Tanpa Sulfat

Pilihlah sabun yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit. Juga, tanpa sulfat. Bahan kimia ini kerap kali ditemukan dalam produk-produk kecantikan. Fungsinya, untuk mencegah bakteri dan jamur berkembang di dalam produk tersebbut. Tapi, sulfat justru memiliki pengaruh buruk untuk kulit. 

Dilansir dari Health Line, selain bahan ini dapat memicu iritasi pada kulit, juga dapat menimbulkan jerawat. Pasalnya, sulfat menyebabkan pori-pori tersumbat. 

Tanpa Parfum atau Pewangi

Selain itu, pilih sabun yang aman untuk kulit sensitif. Salah satunya, menghindari produk yang mengandung parfum atau pewangi. Parfum dan pewangi dalam produk memang akan membuat sabun tersebut memiliki aroma kuat. Namun juga memiliki efek buruk untuk kesehatan. 

Menurut situs noharm-usacanada.org, pengharum dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Juga dapat mengganggu sistem pernapasan, lho!

Jadi, gunakanlah sabun yang diperuntukkan bagi kulit sensitif, tanpa bahan-bahan kimia yang membahayakan. Sahabat Fimela juga harus memeriksa kembali apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan alami yang juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitifmu. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Jangka Waktu Telur Rebus Bisa Disimpan di Kulkas Setelah Matang
Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini 5 Tanda Pasangan LDR Selingkuh di Belakangmu