Sukses

Beauty

Efektifkah Mengatasi Jerawat dengan Es Batu?

ringkasan

  • Ada banyak cara mengatasi jerawat tanpa obat.
  • Salah satunya dengan es batu. Sayangnya, penggunaan es batu untuk mengatasi jerawat dapat menimbulkan radang dingin pada kulit.
  • Namun jangan khawatir, karena ada 2 cara yang lebih aman untuk mengatasi jerawat menggunakan es batu.

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak cara mengatasi jerawat membandel pada wajah. Salah satunya dengan es batu. Cara ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Style Craze menulis, ide ini pertama kali disuarakan pada 1925 oleh Giraudeau. Ia mengusung ide ini menggunakan aseton, salju, karbon dioksida, dan sulfur untuk mengatasi jerawat. 

Sementara itu, dokter dari Inggris, James Amott, menyarankan pengobatan menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat. Pasalnya, es batu dapat mengurangi pembengkakan dan inflamasi yang terjadi ketika jerawat tumbuh. 

Selain itu, Style Craze menulis, es batu juga mampu mengecilkan pori-pori. Namun, menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat tidak bisa sembarangan. Salah pengaplikasian ternyata dapat menimbulkan berbagai kondisi pada kulitmu, atau bahkan cara itu justru tidak efektif. Lantas, bagaimana cara menggunakan es batu agar efektif mengatasi jerawat pada wajah?

Jangan Langsung Tempelkan pada Wajah

Banyak perempuan yang melakukannya dengan cara langsung menempelkan es batu pada kulit wajah. Ternyata cara ini salah. Sebaiknya, bungkus es batu dengan handuk, atau masukkan ke dalam plastik sandwhich yang akan melindungi kulit dari paparan es batu secara langsung. 

Tempelkan selama 10 menit pada area jerawat. Setelah itu, angkat selama 3-4 menit untuk mengistirahatkan kulit. Kemudian Sahabat Fimela dapat reapply untuk beberapa kali. Namun, jangan sampai menempelkan es batu ke kulit selama lebih dari 20 menit. Terlalu lama menempelkan es batu akan menimbulkan frostbite atau radang dingin. 

Gunakan Air Es

Cara lebih aman adalah dengan menggunakan air es. Isi sebuah mangkuk besar air dingin. Masukkan beberapa es batu dan beberapa iris lemon dan mentimun ke dalamnya. Kemudian, rendam wajahmu ke dalam air es di dalam mangkuk tersebut untuk beberapa detik. 

Sahabat Fimela dapat mengulanginya 2-3 kali. Namun ingin, terlalu banyak atau lama merendam wajahmu ke dalam air es juga dapat menimbulkan radang dingin pada kulit wajah. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Hilangkan Jerawat
Artikel Selanjutnya
Cegah Timbulnya Jerawat, Perlukah Serum untuk Perawatan Kulit Berminyak?