Sukses

Beauty

Tips Eksfoliasi Bagi Pemilik Kulit Sensitif yang Wajib Dicoba

ringkasan

  • Gunakan chemical exfoliants
  • Mulai dengan acid yang gentle
  • Imbangi dengan rangkaian skin care yang lengkap

Fimela.com, Jakarta Kulit sensitif dan eksfoliasi adalah dua hal yang kerap dianggap bertentangan. Kulit sudah sensitif, masa iya malah ditambah dengan aplikasi kandungan acids yang keras? Eits, tapi yang namanya eksfoliasi itu hukumnya perlu bagi seluruh jenis kulit, lho! Tanpa eksfoliasi, sel-sel kulit mati akan menumpuk, sehingga menghalangi kandungan skin care apapun untuk terserap secara maksimal ke dalam kulit. Nah, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, hindari iritasi dengan mengikuti tips eksfolasi berikut, yuk!

1. Gunakan chemical exfoliants

Nama-nama acids dalam skin care mungkin terdengar sedikit 'horor', karena kandungan yang satu ini lekat dengan efeknya yang 'keras'. Padahal, anggapan ini tidaklah benar, lho. Alih-alih physical exfoliator yang kerap memiliki scrub dengan butiran kasar, chemical exfoliants justru bisa menjadi eksfoliator yang lebih lembut bagi kulit sensitif. Apalagi, risiko iritasi akibat gosokan terlalu keras dari physical exfoliator juga tidak akan kamu temui.

Baca juga: Pilihan Produk Eksfoliasi yang Aman untuk Pemilik Kulit Sensitif

2. Mulai dengan acid yang gentle

Menggunakan chemical exfoliants akan jadi lebih aman bagi kulit sensitif, jika kamu dapat memilih jenis acid yang tepat. Terdapat banyak kandungan acids yang bekerja sebagai eksfoliator, mulai dari Beta Hydroxy Acids (BHA) seperti salicylic acid, Alpha Hydroxy Acics (AHA) seperti glycolic acid, lactic acid, hingga Poly Hydroxy Acids (PHA).

Lantas, mana acid yang tepat untuk kulit sensitif? Jawabannya adalah PHA, karena PHA memiliki ukuran molekul yang relatif lebih besar, sehingga tidak akan terpenetrasi terlalu dalam di kulit dan tidak menyebabkan 'stres' yang terlalu besar pada kulit. Jika kamu baru memulai melakukan eksfoliasi, eksfoliator dengan kandungan PHA bisa jadi pilihan tepat.

Baca juga: Aman bagi Kulit Sensitif, Ini Pilihan Produk dengan Kandungan PHA yang Bisa Perbaiki Tekstur Kulit Secara Lembut

3. Atur frekuensi penggunaan

Yes, kebanyakan saran frekuensi eksfoliasi adalah 2-3 kali dalam seminggu. Namun, saran ini tidak berlaku bagi kamu pemilik kulit sensitif. Apalagi untuk kamu yang baru mulai melakukan eksfoliasi. Saat mencoba produk baru, pastikan kamu mulai secara bertahap dari frekuensi 1 kali dalam seminggu terlebih dahulu. Tujuannya apa sih? Tujuannya adalah agar kamu bisa melihat reaksi kulit terlebih dahulu, jika setelah penggunaan 1 kali seminggu kulit kamu tidak mengalami reaksi negatif apapun, maka barulah kamu bisa menambah frekuensi eksfoliasi.

4. Ikuti instruksi pemakaian

Tidak bisa dipungkiri, yang namanya skincare bukanlah persoalan yang mudah. Berbeda produk, berbeda pula cara pemakaiannya, dan hal ini adalah poin krusial bagi pemilik kulit sensitif. Meski banyak produk eksfoliator dapat digunakan semalaman, ada pula produk eskfoliator yang hanya boleh digunakan selama 10-15 menit lalu harus dibilas, lho! Agar kamu tidak berakhir dengan kulit memerah karena iritasi, pastikan kamu sudah benar-benar mengikuti instruksi pemakaian dengan tepat.

5. Imbangi dengan rangkaian skin care yang lengkap

Baiknya, sebelum mulai melakukan eksfoliasi kamu sudah memiliki skin care routine yang 'pakem' dalam artian dapat menjaga kondisi kulit wajah. Sehingga saat sensitivitas kamu meningkat akibat eksfoliasi dan menjadi lebih kering, kamu dapat mengimbanginya dengan rangkaian skin care yang mumpuni.

Produk yang pantang dilewatkan adalah pelembap dan sunscreen. Pelembap untuk memastikan kadar air dalam kulit tetap terjaga sehingga kulit dapat melakukan proses pergantian sel-sel dengan maksimal, plus tidak timbul masalah baru. Sunscreen untuk melindungi kulit yang sensitivitasnya meninggi setelah eskfoliasi.

Baca juga: Pemilik Kulit Sensitif? Berikut Beragam Tips Merawat Kulit yang Perlu Diketahui

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Campurkan Skincare Bervitamin C dengan Kandungan Berikut Ini
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Inspirasi Menu Makanan Vegan yang Sehat dan Lezat