Sukses

Beauty

9 Perawatan Kulit untuk Mengatasi Masalah Bintik-Bintik Gelap

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit dapat disesuaikan dengan masalah yang kamu miliki, seperti bintik-bintik gelap. Bintik-bintik gelap adalah masalah kulit yang muncul disebabkan oleh kelebihan produksi melanin di kulit oleh melanosit.

Kemunculan melanin ini dapat dipicu oleh banyak hal, seperti hormon, paparan sinar matahari, dan usia. Dilansir dari self.com, Selasa (10/9/2019), berikut ini adalah beberapa perawatan kulit yang fokus mengatasi masalah bintik-bintik gelap, penasaran apa saja?

1. Vitamin C

Vitamin C dapat dijadikan sebagai antioksidan topikal yang membantu memblokir radikal bebas. Vitamin C juga dapat menghambat proses enzimatik yang menghasilkan melanin di kulit.

2. Hidrokuinon

Pada tingkat biologis, hidrokuinon bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase yang membantu dalam produksi melanin. Namun sama halnya dengan produk lainnya, penggunaan hidrokuinon juga bisa menyebabkan reaksi alergi, seperti kekeringan, kemerahan, dan terbakar.

3. Asam kojic

Asam kojic pada umumnya digunakan sebagai pencerah kulit, paling baik digunakan bersama hidrokuinon untuk hasil maksimal. Asam kojic sebagai perawatan kulit bekerja dengan menekan aktivitas sel-sel pigmen.

 

 

4. Kedelai

Ekstrak kedelai terbukti dapat membantu mencerahkan kulit. Kedelai bekerja dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.

5. Asam azelaic

Asam azelaic adalah ekstrak alami dari gandum yang dapat mengganggu produksi pigmentasi abnormal. Asam ini memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

6. Laser

Laser termasuk dalam perawatan kulit paling mahal dan paling berdampak. Laser menggunakan sinar cahaya yang difokuskan untuk memecah dan menghilangkan partikel pigmen di kulit.

7. Pengelupasan kimia

Pengelupasan kimia dilakukan dengan menghilangkan lapisan atas kulit mati yang membantu mengurangi penampilan kulit yang kusam. Selain itu, perawatan kulit ini juga dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, dan mengurangi munculnya bintik-bintik gelap.

8. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan kulit yang menggunakan partikel kecil untuk memperhalus kulit. Perawatan kulit yang satu ini paling baik dilakukan pada kondisi hiperpigmentasi yang ringan.

9. Microneedling

Untuk mendapatkan hasil terbaik, microneedling biasanya dilakukan bersamaan dengan perawatan topikal. Kamu pernah coba perawatan kulit yang mana?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membersihkan Pori-pori Paling Efektif Agar Kulit Bersih dan Glowing
Artikel Selanjutnya
Cari Tahu Bedanya Squalene dan Squalane dalam Produk Perawatan Kulit