Sukses

Beauty

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Kasar dan Kering

ringkasan

  • Minyak zaitun yang dicampur pisang bisa menjadi masker rambut untukmu
  • Minyak kelapa cocok untuk merawat rambutmu
  • Telur mentah dikenal kaya akan lemak dan protein yang tergolong ke dalam pelembap alami

Fimela.com, Jakarta Siapa tak ingin rambut yang sehat dan indah? Akan tetapi kadang keinginan tak selalu berbanding lurus dengan kenyataan. Seringkali berbagai proses yang diterapkan pada rambut seperti mewarnainya dan menatanya dengan alat styling rambut justru menjauhkanmu dari rambut idaman. Kerusakan pada rambut ditkamui dengan tekstur yang terasa kasar dan semakin kering. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mulai lebih memperhatikan kesehatan rambut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melembutkan rambut menggunakan bahan alami yang bisa didapat di rumah. Tak hanya bermanfaat karena kandungan alaminya, kamu juga tak perlu repot-repot membuat reservasi di salon dan mengeluarkan biaya ekstra.

Minyak Zaitun

Dikenal sebagai minyak dengan kandungan paling sehat, minyak zaitun tidak hanya berguna saat memasak tapi juga untuk kesehatan rambut. Seperti dikutip dari Stylecraze, untuk merawat rambut kering dengan menggunakan minyak zaitun, Sahabat Fimela bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah seperti pisang. Cukup campurkan pisang yang telah matang dengan dua sendok makan minyak, lalu biarkan bahan ini tercampur dengan menggunakan blender. Oleskan hasilnya ke rambut yang setengah basah dan kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit sebelum kamu membilas rambut hingga bersih.

Teh

Tak sekadar menghangatkan tenggorokan, teh juga dapat mengembalikan rambut bercahaya terutama jika kamu mewarnai rambut. Teh memang dikenal dapat memperkuat warna rambut. Penggunaannya pun mudah, dilnasir dari Reader's Digest kamu cukup menyeduh teh tanpa gula dan gunakan sebagai bilasan terakhir setelah selesai keramas. Pastikan kamu memilih teh yang sesuai dengan warna rambut. Jika kamu memiliki warna rambut yang kecoklatan, gunakan black tea. Namun jika cat rambut kamu cenderung lebih cerah seperti pirang, pilihlah teh kamomil untuk rambut tersebut.

Avokad

Sebagai salah satu buah favorit masyarakat Indonesia, kamu bisa dengan mudah mendapatkan avokad. Tak hanya memiliki rasa yang enak dan bergizi tinggi, avokad juga bisa dipakai untuk menghaluskan dan melembapkan rambut, lho! Dikutip dari Reader's Digest, cara membuatnya pun cukup mudah. Pilihlah avokad yang telah matang lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, masukkan satu butir telur ke dalam avokad yang telah ditumbuk tersebut dan campurkan hingga tekstur keduanya melebur menjadi adonan yang cukup kental. Oleskan adonan ini ke rambut yang basah dan diamkan selama 20 menit. Lakukan seminggu sekali jika rambut kamu mengalami kerusakan yang cukup parah dan sebulan sekali jika hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan rambut.

Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa untuk perawatan rambut adalah salah satu yang paling umum ditemukan. Namun seringkali bahan alami ini terabaikan, padahal minyak kelapa menyimpan banyak manfaat baik untuk rambut. Kandungan pelembap pada minyak kelapa mampu mencegah hilangnya protein dari helai rambut setiap kali kamu keramas. Menggunakan bahan ini pun tidak sulit karena kamu tidak perlu mencampurkan dengan apapun. Dilansir dari Stylecraze kamu cukup menggunakan coconut oil untuk memijat bagian kepalamu mulai dari kulit kepala hingga helai rambut. Diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan menggunakan sampo yang lembut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner, ya!

Telur

Selain minyak kelapa, telur juga dikenal sebagai bahan alami yang paling sering digunakan sebagai pelembut alami rambut. Telur mentah dikenal kaya akan lemak dan protein yang tergolong ke dalam pelembap alami. kamu bisa menggunakan satu butir telur yang dicampur dengan minyak zaitun. Campurkan dan oleskan di rambut seperti menggunakan masker. Bungkus rambut kamu dengan handuk dan diamkan selama 30-60 menit. Setelah itu cuci rambut kamu dengan sampo yang diikuti penggunaan kondisioner setelahnya.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Serum dan Masker untuk Rambut yang Lebih Sehat

#GrowFearLess with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Sudah Cukupkah Kandungan Protein Rambutmu?
Artikel Selanjutnya
Berhenti Melakukan 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Anak Rambut