Sukses

Beauty

Cara Mencegah Timbulnya Benjolan Halus di Kulit Usai Bercukur

Fimela.com, Jakarta Menggunakan pisau cukur atau zaror adalah pilihan praktis jika kamu ingin menghilangkan rambut di bagian tubuh. Tapi, tak peduli seberapa hati-hatinya kamu ketika bercukur, risiko munculnya razor bumps di kulit selalu ada.

Razor bumps merupakan sejenis tekstur pada kulit, berupa benjolan halus di area tumbuhnya rambut. Ini biasa muncul ketika kamu habis bercukur, misalnya di ketiak.

Dokter Melanie Palm, seorang dermatologis sekaligus direktur Art Of Skin MD, mengatakan, Benjolan silet disebabkan oleh reaksi peradangan ketika rambut terminal (tebal, gelap, dewasa) yang sebelumnya dicukur mencoba untuk muncul kembali dari kulit tetapi menjadi terperangkap," ujarnya dikutip dari InStyle.

Dalam kondisi tersebut, rambut tumbuh dengan melengkung kembali di bawah kulit dan menyebabkan munculnya benjolan di sekitar folikel rambut.

Cara Mencegah Benjolan Usai Bercukur

Untuk penanganan tercepat, dokter Palm menyarankan menggunakan krim hidrokortison di area terdampak, atau bisa juga cari skincare yang mengandung salycil acid!

Selama kamu masih sering bercukur, masalah ini akan sering ditemui. Namun tenang saja, razer bumps bukan masalah serius, kok. Kamu bisa mencegahnya dengan eksfoliasi rutin agar rambut yang akan tumbuh tidak 'terjebak' di permukaan kulit.

Ketika bercukur, pastikan kamu menggerakkan pisau sesuai arah pertumbuhan bulu dengan pisau cukur yang bersih, dan gunakan shaving cream untuk mencegah iritasi. Usai bercukur, langsung gunakan lotion untuk menjaga kulit tetap lembap dan meminimalisir peradangan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kulit Terlalu Banyak Menggunakan Produk Skincare
Artikel Selanjutnya
Apakah Retinol Benar Bisa Memperbaiki Kulit?