Sukses

Beauty

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Pori-pori yang tersumbat bisa jadi akar dari banyak masalah kulit, mulai dari kusam sampai jerawat. Nah, tak hanya harus diatasi sampai tuntas agar pori-pori dapat kembali bernapas lega, apa yang jadi penyebab pori-pori tersumbat juga harus diketahui agar bisa dihindari.

Ada beberapa faktor yang umum jadi penyebab pori-pori tersumbat, berikut penjelasannya dirangkum Fimela, Rabu (11/9/2019).

1. Pakai riasan waterproof

Riasan waterproof ini memang amat nyaman digunakan jika ingin beraktivitas seharian tanpa khawatir makeup 'geser'! Tapi, di sisi lain makeup waterproof ini dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat.

Terlalu lama menggunakannya akan membuat minyak alami, kotoran, bahkan sisa makeup menempel di pori-pori. Kalau kamu tidak membersihkannya dengan tuntas, tinggal siap-siap saja menyambut komedo dan whiteheads.

2. Menyentuh wajah

Jari adalah tempat berkumpulnya kotoran, minyak, dan bakteri dari berbagai sumber. Menyentuh wajah berarti memindahkan itu semua ke kulit wajahmu, dan itu dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Siapa yang masih melakukan kebiasaan ini?

3. Seprei dan sarung bantal kotor

Seprei dan sarung bantal adalah benda yang lazim jadi bagian dari keseharian, dan bisa dibilang cukup intens berinteraksi dengan kulit kita terutama saat tidur. Seprei bisa jadi 'tempat penampungan' kotoran, keringat, minyak, dan sel kulit mati kita yang luruh saat tidur, dan di saat yang sama itu semua akan kembali menempel dan menyumbat pori-pori kita. Jadi, rajin-rajin ganti seprei untuk meminimalisir kotoran menyumbat pori!

4. Telepon menggunakan ponsel

Menempelkan ponsel ke wajah saat telepin juga sama sama dengan memindahkan segala jenis kotoran, kuman, dan bakteri. Konon, ponsel kita lebih kotor daripada dudukan toilet, lho. Jadi bayangkan, berapa banyak bakteri yang berpindah dari ponsel ke kulit wajah saat kita menelepon?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kulit Terlalu Banyak Menggunakan Produk Skincare
Artikel Selanjutnya
Apakah Retinol Benar Bisa Memperbaiki Kulit?