Sukses

Beauty

5 Hal Penting yang Harus Diingat Pemilik Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Tidak mudah memiliki kulit sensitif. Berbagai reaksi buruk yang terjadi pada kulit setelah mengaplikasikan produk yang salah bukan satu-satunya concern dalam perawatan kulit sensitif. 

Nyatanya, kulit sensitif ini kadang sulit dipredisksi. Kadang kala, menggunakan bahan produk yang sama bisa saja menimbulkan reaksi buruk secara tiba-tiba. Self.com menulis, hal ini biasanya terjadi karena berbagai hal. 

Banyak orang yang mengira reaksi buruk terjadi karena terlalu banyak menggunakan bahan-bahan yang menimbulkan iritasi pada kulit. Padahal, secara general, reaksi buruk tersebut bisa saja muncul karena alergi atau reaksi iritasi infeksi kulit. 

Meskipun tidak ada garansi, iritasi pada kulit sensitif sebenarnya dapat dicegah dan dihindari dengan berbagai cara. Berikut ini beberapa tips merawat kulit sensitif. 

Gunakan Sedikit Produk

Usahakan untuk menggunakan sedikit produk di saat bersamaan. Jadi, mungkin 10 steps Korean skincare tidak cocok kamu lakukan. Shilpi Khetarpal, M.D., seorang ahli kesehatan kulit di Cleveland Clinic mengatakan kepada Self.com mengenai peraturan terpenting dalam merawat kulit sensitif. 

"Secara general, ketika merawat kulit sensitif saya mengikuti prinsip less is more," jelasnya. Artinya, produk dengan bahan-bahan kandungan yang tidak terlalu banyak bekerja lebih baik ketimbang banyak layer produk atau bahan di dalamnya. 

Jangan Terlalu Berlebihan 

Jangan terlalu berlebihan dalam mencuci wajah dan juga melakukan eksfoliasi kulit. Karena, kulitmu tidak membutuhkan pembersih yang kasar, apalagi eksfoliasi. Kulit sensitif secara alami membentuk lipd dan protein yang dapat melindungi kulitmu tanpa harus menggunakan banyak cleanser dan eksfoliator. 

Patch Test

Selalu lakukan patch test, terutama pada produk atau varian baru. Pada saat mencoba sebuah produk, gunakan hanya sedikit produk di area lengan dalam sebelum tidur. Jangan langsung ke wajah. 

Karena, kulit sensitif akan langsung mengeluarkan reaksi buruk ketika tidak cocok terhadap suatu bahan skincare. Selain itu, kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di area lengan. Namun, area lengan bagian dalam memiliki lapisan yang hampir mirip dengan area wajah. Sehingga, mencoba dan menguji sebuah produk baru pada area lengan dalam merupakan cara yang paling aman dan akurat untuk menentukan kamu bisa menggunakannya langsung pada wajah atau tidak. 

Hentikan Penggunaan

Kamu, pemilik kulit sensitif harus jeli melihat perubahan pada kulit. Ketika muncul break out sedikit saja, hentikan pemakaian skincare tersebut. 

Untuk itu, agar lebih mudah mengidentifikasi mana produk yang cocok dan tidak cocok, uji coba satu produk untuk satu minggu. Jika timbul reaksi buruk, segera hentikan.

Merawat kulit sensitif memang perlu effort yang lebih banyak. Kamu juga harus terus memerhatikan perubahan yang terjadi pada kulitmu. Meskipun begitu, ketika kamu sudah menemukan produk yang sangat cocok dan memiliki manfaat yang sangat besar pada kecantikan dan kesehatan kulitmu, kulit sensitif akan terlihat lebih indah, flawless, dan glowing. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: Pemerkosaan dalam Pernikahan Belum Masuk dalam Tindak Pidana di Negara Berkembang
Artikel Selanjutnya
Tidak Jadi Diri Sendiri, 4 Zodiak Ini Terlalu Memikirkan Apa Kata Orang