Sukses

Beauty

Tak Hanya Menjadi Masalah Rambut, Ketombe juga Bisa Jadi Ancaman untuk Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Ketombe bisa disebut sebagai masalah rambut yang paling mengganggu penampilan. Bagaimana tidak, masalah rambut satu ini selain membuat rasa khawatir saat menggunakan pakaian gelap, tak jarang juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Sama halnya dengan kemunculan jerawat yang juga membuat siapapun yang mengalaminya kehilangan kepercayaan diri.

Mengalami kedua hal tersebut bisa jadi mimpi buruk bagi seseorang. Namun, tahukah kamu bahwa ketombe juga bisa menjadi alasan munculnya jerawat di sekitar wajah? Nah, daripada penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Ketombe dan Jerawat

Pada dasarnya penyebab terjadinya ketombe dan jerawat berbeda. Ketombe sendiri bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik, yaitu kondisi di mana kulit kepala menjadi berminyak, kemerahan dan bersisik. Sisik tersebut kemudian mengelupas dan menciptakan ketombe.

Sedangkan jerawat disebabkan oleh peningkatan sebum yang menumpuk pada permukaan pori-pori sehingga membuat kotoran menjadi tersumbat. Meskipun memiliki penyebab yang berbeda, tetapi kedua permasalahan kulit ini sama-sama dipicu oleh produksi minyak berlebih. Oleh karena itu, terkadang seseorang dengan permasalahan ketombe dan jerawat sekaligus kerap dikaitkan dengan pubertas.

Ketombe Menyebabkan Jerawat

Melansir Style Craze, ketombe yang tidak sengaja mendarat pada area wajah dapat memicu timbulnya jerawat secara cepat. Efek ketombe sendiri berasal dari jenis kulit wajah kamu, baik kulit kering ataupun berjerawat. Kulit yang kering dan berminyak bisa jadi lahan bersarangnya ketombe terutama di area alis, sudut hidung juga T-zone. Ketombe yang tidak diobati tepat waktu dan jatuh di area punggung juga dapat menyebabkan peradangan pada punggung dan dada terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.Serpihan putih atau ketombe tersebut seringkali menyumbat pori-pori di wajah sehingga menimbulkan jerawat yang gatal. Sebagian besar jerawat ini mengenai area dahi sehingga memperburuk kondisi kulit, terutama bagi yang sudah memiliki jerawat.

Cara Mencegah Jerawat karena Ketombe

Cara terbaik memberantas jerawat jenis ini adalah menyingkirkan penyebab utamanya yakni ketombe. Beberapa cara sederhana berikut bisa kamu coba untuk menghilangkan ketombe penyebab jerawat:

Pastikan rambut tidak menempel di wajah

Melindungi wajah dari rambut dapat memastikan ketombe tidak secara langsung bersentuhan dengan kulit. Serpihan ketombe yang menyumbat kulit dapat menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Gunakan ikat rambut untuk menghindari kulit dan rambut bersentuhan.

Gunakan shampo anti ketombe

Penyembuhan secara topikal seperti sampo bisa jadi solusi efektif menghilangkan ketombe dan merawat kulit kepala. Dengan menghilangkan ketombe pada kulit kepala, tentu saja meminimalisir timbulnya jerawat pada area wajah sehingga manfaatnya akan lebih besar pada area wajah.

Sisir rambut dua kali sehari

Menyisir rambut ternyata memiliki peranan penting dalam mengurangi ketombe. Dengan menyisir rambut dapat memastikan bahwa sel-sel kulit mati di kepala hilang dan tidak menyumbat pori-pori. Opsi ini bermanfaat untuk mencegah jerawat timbul dan menempel pada kulit wajah.

Baca juga: Punya Masalah Ketombe? Mungkin Ini Salah Satu Faktor yang Menjadi Penyebabnya

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Ketombe, Ikuti Tips Menghilangkan Rasa Gatal di Kulit Kepala
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Hilangkan Jerawat