Sukses

Beauty

Berani Move On dari Masalah Ketombe yang Menghantui Rambut Berhijab?

Fimela.com, Jakarta “Kenapa harus repot merawat rambut, kan tertutup hijab?”

Masih punya pemikiran seperti ini? Sadar nggak sih kalau pandangan yang salah tentang rambut hingga kebiasaan yang kurang tepat dapat menjadi penyebab munculnya masalah pada bagian tubuh tersebut. Faktanya, rambut yang tertutup hijab seharian membuat kondisinya lebih lembap. Hal ini bikin rambut cenderung gampang mengalami berbagai problem, salah satunya adalah ketombe yang umumnya dialami para hijabers.

Penampilan hijab yang maksimal nggak akan terwujud jika kamu malas melakukan perawatan rambut. Yuk, saatnya berani move on dari kebiasaan penyebab ketombe yang menghantui rambut berhijab!

Pemilihan Hijab

Bahan jilbab yang tebal, kurang sirkulasi udara, atau panas bukan hanya bikin kamu merasa kurang nyaman, tapi juga dapat memicu ketombe. Pasalnya, kondisi ini dapat meningkatkan produksi minyak dan lembap yang disukai oleh mikroba penyebab ketombe.

Oleh karena itu, pastikan memilih jilbab yang terbuat dari bahan yang adem, tipis, dan memudahkan pertukaran udara. Tampil stylish dengan berbagai motif dan jenis kain hijab tidak harus mengorbankan kesehatan rambutmu, kan?

Malas Ganti Hijab

Selain pemilihan bahannya, penting untuk menjaga kebersihan hijab. Hijab yang kotor bisa memicu penumpukan kotoran di kepala sehingga menyebabkan ketombe. Apalagi setelah menjalani aktivitas di bawah sinar matahari dan membuatmu berkeringat, sebaiknya segera ganti inner hijab dan angin-anginkan rambut untuk mengurangi lembap dan mencegah gatal maupun ketombe.

Mengenakan Hijab Saat Rambut Basah

Saking buru-burunya, kamu cuek saja menguncir dan memakai hijab dalam kondisi rambut yang basah usai keramas atau lembap setelah berkeringat. Padahal hal ini bukan hanya membuat rambut rentan bau tak sedap, tapi juga dapat memicu timbulnya jamur dan ketombe. Pastikan rambut dalam keadaan benar-benar kering sebelum memakai hijab, prioritaskan untuk membiarkannya kering secara alami untuk menjaga kesehatan rambut.

Tidak Memberikan Waktu untuk Rambut Bernapas

Terbiasa menggunakan hijab sampai bikin kamu tertidur dengan rambut yang masih tertutup hijab ternyata bukan kebiasaan yang baik, karena kondisinya yang lembap dapat memicu pertumbuhan ketombe. Rambut juga butuh waktu untuk ‘bernapas’ untuk melancarkan sirkulasi oksigen yang dibutuhkan.

Jika kamu termasuk salah satu hijaber yang sering melakukan kebiasaan ini, saatnya move on sekarang juga. Beri kesempatan rambut untuk menikmati udara sejuk dengan membuka hijab setiap selesai beraktivitas. Kebutuhan oksigen rambut yang terpenuhi dengan baik dapat menjaga rambut tetap sehat, menguatkan akarnya, dan mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Malas Keramas

Rambut yang berhijab cenderung berminyak dan lembap. Kondisi ini bikin mikroba penyebab ketombe berkembang pesat. Apalagi kalau malas keramas, bukan hanya bikin rambut lepek dan bau, tapi kotoran yang menumpuk akan memperparah munculnya ketombe. Biasakan untuk rutin keramas gunakan sampo yang dapat membersihkan kulit kepala dan mencegah  ketombe datang.

Masih bingung memilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut berhijab? Empat varian Wardah Shampoo hadir dengan formulasi bahan terbaik untuk mengatasi berbagai masalah umum yang sering dialami para hijabers. Khusus yang bermasalah dengan ketombe, varian Wardah Anti Dandruff Shampoo adalah pilihan yang tepat nih. Mengandung Tea Tree Oil, Peppermint Extract dan Double Zinc Active yang bekerja untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ketombe serta mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

Selain itu, masih ada 3 varian lainnya yang dapat digunakan untuk menyesuaikan perawatan rambut berhijabmu. Seperti Wardah Hairfall Treatment Shampoo yang mengandung Ginseng, Rosemary Extract, dan Keratin yang menjaga kekuatan akar rambut dan memicu pertumbuhan rambut.

Ada juga Wardah Daily Fresh Shampoo yang diperkaya dengan Aloe Vera dan Seaweed Extract yang mampu menjaga kesegaran rambutmu dari lepek dan tampak lebih bervolume. Terakhir adalah varian Wardah Nutri Shine Shampoo yang mengandung Argan Oil dan Grape Seed Extract untuk menutrisi dan melembapkan rambut sehingga tampak berkilau dan tidak bercabang.

Ingin memakai hijab dengan nyaman dan percaya diri? Ini saatnya berani move on dari urusan ketombe yang mengganggu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Grand Inna Malioboro, Rekomendasi Terbaik Nikmati Staycation di Yogyakarta
Artikel Selanjutnya
Vintage Style is Back! 3 Influencers Ini Tampilkan Gaya Super Kece