Sukses

Beauty

Kandungan Bahan Alami yang Baik untuk Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Fimela.com, Jakarta Rambut kerap dijuluki sebagai mahkota perempuan. Itulah mengapa rambut rontok, bercabang, mudah patah, susah diatur, atau kering menjadi masalah yang cukup serius bagi banyak perempuan. Pemilihan sampo yang tepat merupakan kunci utama untuk 'lari' dalam permasalahan ini. Untuk mendapatkan rambut indah dan sehat terawat, sampo dengan kandungan alami merupakan pilihan yang tepat, karena aman digunakan dan minim efek samping. Memiliki banyak manfaat untuk rambut dan kulit kepala, berikut bahan alami dalam sampo yang bisa kamu jadikan pilihan!

Argan Oil

Jika sedang mengalami bad hair day, tentu mood tidak akan bagus. Pasalnya, rambut yang kasar dan susah diatur sangat berpengaruh terhadap penampilan sehari-hari. Untuk menjaga mood dan menghindari bad hair day, kamu bisa memilih sampo yang mengandung argan oil. Kaya akan vitamin E, omega 3, anti-oksidan, polifenol, betakaroten, dan xantofil, minyak argan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Mulai dari memberikan nutrisi dan menjaga kelembapan rambut, membuatnya halus, berkilau, dan mudah diatur, serta memperbaiki kerusakan akibat penggunaan hair tools atau zat kimia dari cat rambut.

Ginseng

Rambut tebal dan indah merupakan impian bagi banyak perempuan. Namun, impian tersebut akan runtuh jika rambut tipis, mudah rontok, dan berketombe. Dengan aromanya yang khas, ginseng ternyata juga bermanfaat untuk memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Tidak heran, ekstrak ginseng banyak digunakan sebagai hair tonic berkat kandungan senyawa ginsenosides di dalamnya yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengatasi ketombe penyebab gatal di kulit kepala.

Aloe Vera

Sudah bukan rahasia lagi jika aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk kesehatan rambut. Kandungan asam amino, vitamin, dan kadar air yang tinggi, membuat aloe vera banyak dikamulkan untuk mendapatkan rambut sehat berkilau sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Pssst, permasalahan seperti kering, kasar, dan bercabang juga bisa diatasi oleh aloe vera, lho! Efek dingin dan sifat anti inflamasinya juga dapat membantu menenangkan kulit kepala dari iritasi dan menutrisi, sehingga rambut akan tumbuh dengan sehat dan berkilau.

Tea Tree Oil

Dalam dunia perawatan wajah, tea tree oil kerap dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, sedangkan bagi rambut, minyak yang berasal dari tumbuhan tea tree di Australia ini dapat memperlancar sirkulasi darah sekaligus mampu menetralisir racun sehingga baik untuk pertumbuhan folikel rambut. Kandungan anti-septik, anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi, dan antioksidan di dalamnya berfungsi untuk menghaluskan, melembapkan, menebalkan, dan merangsang pertumbuhan rambut. Komplet sekali, bukan?

Peppermint

Kini, banyak produk sampo yang menggunakan peppermint sebagai salah satu bahan alami untuk memberikan sensasi dingin pada kulit kepala. Aromanya pun sangat segar, sehingga mampu memberikan rasa tenang pada rambut dan pikiran. Selain memberikan efek dingin, apa sebenarnya manfaat peppermint untuk kesehatan rambut? Peppermint mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu menghilangkan ketombe dan mengusir kutu kepala lewat sifat anti bakterinya. Ekstrak minyak peppermint juga berfungsi meningkatkan aliran darah pada kulit kepala yang memicu stimulasi folikel rambut, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Review: Wardah Perfect Bright Tone Up Micellar Water, Seberapa Efektif Produk Ini Membersihkan Wajah?

Demikian deretan bahan alami yang baik untuk merawat rambut dan kulit kepalamu. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Pilihan Sunscreen SPF 50 dengan Harga di Bawah Rp200.000
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi 5 Produk Lokal untuk Makeup Tahan Lama di Kulit Berminyak