Sukses

Beauty

Tips agar Wangi Parfum Bertahan Lama

Fimela.com, Jakarta Wangi sepanjang hari tidak hanya membuatmu nyaman dan senang, tetapi orang-orang di sekitar juga akan turut merasakannya. Menggunakan parfum pun seakan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan sebelum keluar rumah untuk menjaga aroma tubuh agar tetap harum dan lebih percaya diri. Namun secara tidak sadar, banyak orang yang belum memahami tentang bagaimana cara menggunakan hingga menyimpan parfum dengan benar. Founder Mixed Makeup, Susan Yara, berbagi 8 tips seputar parfum agar aromanya dapat bertahan lebih lama di kulitmu.

Baca Juga: Pilihan Parfum Lokal Beraroma Bunga yang Menyegarkan dengan Harga di Bawah Rp200.000

Gunakan moisturizer sebelum menggunakan parfum

Tahukah kamu bahwa parfum akan tahan lebih tahan lama pada kulit yang lembap? Susan menyarankan untuk mengaplikasikan moisturizer terlebih dahulu, terutama bagi pemilik kulit kering, sebelum menggunakan parfum. Bahkan, akan lebih baik jika moisturizer dan parfum yang digunakan berasal dari produk yang sama, karena lapisan aromanya dapat bertahan lebih lama.

Tahu di mana harus mengaplikasikannya

Titik nadi pada pergelangan tangan merupakan spot yang tepat untuk mengaplikasikan parfum agar tahan lama. Pasalnya, kulit pada bagian ini lebih tipis dibandingkan kulit yang lain, sehingga aliran darah lebih dekat ke permukaan dan menghangatkan kulit. Nah, efek hangat tersebut dapat membantu mendorong aroma parfum ke udara. Tidak hanya fokus pada satu tempat saja, kamu juga bisa menyemprotkan parfum pada bagian belakang telinga, lutut, siku, serta sisi leher. Susan tidak menyarankan untuk menggunakan parfum pada pakaian ya, karena dapat meninggalkan noda.

Jangan menggosok parfum di pergelangan tangan

Kamu mungkin pernah menggosok pergelangan tangan setelah menyemprotkan parfum. Hentikan kebiasaan buruk ini, ya. Susan tidak menyarankan untuk menggosok pergelangan tangan selepas menggunakan parfum, karena dapat merusak komposisi dan mengubah aroma parfum. Alih-alih menggosoknya, kamu dapat menekan pergelangan tangan secara lembut untuk memindahkan aromanya.

Semprotkan parfum pada sisir

Apakah kamu pernah menyemprotkan parfum di atas kepala dengan tujuan agar rambut juga menjadi wangi? Ingat, parfum mengandung alkohol yang tinggi, sehingga dapat membuat rambutmu kering. Sebaiknya, hentikan kebiasaan buruk tersebut dan menggantinya dengan menyemprotkan parfum pada sisir dan biarkan alkoholnya menguap. Kemudian, sisir rambut kamu untuk aroma yang tahan lama tanpa harus merusak atau menggunakan pewangi khusus untuk rambut.

Jangan terlalu banyak menggunakan parfum

Pernah nggak, sih sedang di dalam lift bersama seseorang yang aromanya terlalu menyengat? Kekuatan aroma tergantung pada seberapa tinggi minyak wangi atau fragrance oil yang terdapat di dalamnya. Perlu diketahui, parfum mengandung 20% fragrance oil di dalamnya. Eau de parfum yang kerap digunakan oleh banyak orang dan memiliki aroma lebih kuat, mengandung 10-20% fragrance oil. Eau de toilette yang aromanya lebih ringan, mengandung 10% fragrence oil. Lalu, cologne yang biasa dipakai oleh pria, mengandung 5% fragrance oil, sedangkan body spray yang bisa digunakan pada seluruh tubuh, hanya mengandung 1-3% fragrance oil. Maka ketika menggunakan aroma yang cukup kuat, kamu cukup menyemprotkannya satu kali saja agar tingkat keharuman tidak terlalu berlebihan.

Baca Juga: Ingin Membelikan Wewangian sebagai Kado untuk Orang Terkasih? Simak Dulu Aturan Berikut Ini!

Bawa parfum untuk touch up

Tidak hanya makeup saja yang bisa di-touch up, tetapi pafum juga. kamu mungkin selalu membawa parfum di dalam tas. Namun sayangnya, tidak semua kemasan parfum praktis dibawa kemana-mana. Sebagi gantinya, kamu bisa membawa paper test strips yang sudah disemprotkan oleh parfum favorit. Kemudian, simpan paper test strips tersebut di dalam tas. Bagi Susan, ini merupakan cara termudah untuk touch up parfum kamu tanpa perlu repot membawa satu botol parfum.

Simpan di tempat yang tepat

Seperti wine, kualitas parfum akan berkurang jika disimpan di tempat yang tidak tepat. Kulkas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan parfum, karena bersuhu rendah dan kering. Hindarilah tempat yang lembap, panas, dan langsung terpapar sinar matahari saat menyimpan parfum, karena dapat mengakibatkan aromanya tidak bertahan lama. Parfum akan terjaga kualitasnya jika disimpan di tempat yang dingin, gelap, dan kering. Jika kamu menyimpannya secara baik dan benar, kualitas parfum akan bertahan setidaknya selama tiga tahun.

Tahu kapan harus membuang parfum

Tak jarang, kamu jadi hemat menggunakan parfum, karena harganya yang mahal dan tidak ingin cepat habis. Hindari kebiasaan irit ini saat berurusan dengan parfum. Sebaiknya, gunakan parfum sebelum kualitasnya menurun, karena jika tidak, kamu mungkin harus merelakan parfum, bahkan sebelum habis memakainya.

Baca Juga: Misterius dan Tercium Berbeda di Tiap Orang, Berikut Pilihan Parfum Aroma Musk yang Patut Dicoba!

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Merawat Kulit di Tengah Kabut Asap Menurut Ahli
Artikel Selanjutnya
7 Pilihan Sunscreen SPF 50 dengan Harga di Bawah Rp200.000