Sukses

Beauty

Selain Sering Dicabut, Kenapa Alis Kian Menipis?

ringkasan

  • Alis yang kerap dicabut atau waxing ternyata bisa menipis.
  • Hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang mengalami trauma sehingga menyebabkan alis kemudian menjadi tipis dan botak.
  • Namun, kondisi kulit tertentu seperti ekzema dan psoriasis, serta penuaan juga bisa menyebabkan alis menipis.

Fimela.com, Jakarta Meski tidak setebal alis Frida Kahlo atau Lily Collins, thick eyebrows merupakan sebuah berkat dari Tuhan yang harus kamu syukuri. Namun, kadang kamu hanya ingin merapikannya sedikit dengan cara plucking atau mencabut menggunakan tweezer. 

Hati-hati, over-plucking alias kebanyakan cabut alis bisa mengakibatkan kebotakan atau menipisnya alismu. Menurut Judith Hellman, M.D dermatolog di New York City, Amerka Serikat, selain terlalu banyak mencabut, terlalu sering waxing alis juga bisa menyebabkan hal ini. 

Terjadinya kebotakan dan penipisan alis ini, menurutnya, disebabkan oleh folikel rambut yang mengalami trauma sehingga menyebabkan alis kemudian menjadi tipis dan botak. 

"Kami juga melihat alis yang menipis, terutama pada perempuan, akibat terlalu banyak mencabut dan waxing alis. Menipisnya alis secara permanen juga bisa terjadi," katanya kepada Self.com. 

Meskipun begitu, ada kondisi lain yang menyebabkan alis menipis. Direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West,  Noelani González, MD mengatakan kepada Women's Health Magazine penyebab lain alis menipis atau botak. 

"Kebotakan dan menipisnya alis juga bisa terjadi karena adanya inflamasi dan iritasi pada kulit. Juga kondisi-kondisi tertentu seperti psoriasis atau ekzema," jelasnya kepada Women's Health Magazine. 

Selain itu, penuaan juga bisa berperan dalam kasus ini. Penuaan bisa menyebabkan alismu tidak setebal dulu ketika masih muda. Menurut Noelani, hal ini terjadi karena folikel alis mulai memproduksi rambut-rambut yang lebih tipis. 

 

Bagaimana Mengatasi Alis Menipis dan Botak?

Jika penyebab alismu menipis karena adanya kondisi kulit tertentu atau terjadi inflamasi dan iriasi, sebaiknya Sahabat Fimela menemui dokter kulit. Biasanya, tulis Women's Health Magazine, kamu akan diberikan resep untuk memperbaiki kondisi kulitmu terlebih dahulu, sebelum memerhatikan kondisi alismu. 

Namun, kalau alis menipis akibat terlalu sering mencabut atau waxing, kamu mencari solusi makeup untuk mengisi kekosongan pada alis. Sahabat Fimela harus memerhatikan produk mana yang cocok untuk kamu gunakan. 

Selain itu, jangan lupa untuk hanya mengisi kekosongan alismu saja, bukan mempertebal atau menggambar ulang alismu. Dengan cara 'mengarsir' alis, kamu akan mengisi alismu yang telah menipis, sehingga terlihat lebih tebal namun tetap terlihat natural. 

Produk Apa yang Bisa Dipakai?

Mendorong pertumbuhan rambut baru pada alis dengan lebih cepat bisa Sahabat Fimela lakukan dengan mengosumsi hair growth supplements atau menggunakan serum khusus yang bisa mempertebal alis secara natural. 

Noelani menyarankan untuk mencoba beberapa produk penumbuh rambut seperti Nutrafol Hair Loss Thinning Supplement, Women's Rogaine 5% Minoxidil Foam for Hair Thinning and Loss, atau Brow Enhancing Serum. Tentu saja membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mengembalikan ketebalan alismu seperti sebelumnya. Jadi, jangan patah semangat dan terus berusaha untuk mempertebal alismu, ya!

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Kenapa Harus Pilih Pensil Alis Berwarna Abu-Abu
Artikel Selanjutnya
Alis Terasa Semakin Tipis? Cek Beberapa Penyebabnya