Sukses

Beauty

FIMELA FEST 2019: Tips Memilih Eksfoliasi yang Tepat untuk Jenis Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Sama halnya seperti perawatan kulit wajah lainnya, eksfoliasi bisa jadi hal yang membingungkan, benar? Untuk mulai memahaminya, eksfoliasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu fisik dan kimia.

Eksfoliasi fisik bisa berbentuk scrub atau produk lainnya yang secara fisik dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari kulit wajah. Sedangkan eksfoliasi kimia memiliki fungsi yang sama dengan melarutkan ikatan antara sel-sel kulit, mengangkat sel-sel kulit baru yang lebih halus ke permukaan.

Beberapa produk seperti scrub asam salisilat adalah bahan kimia dan eksfoliasi fisik. Melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membantu mencegah tumbuhnya jerawat, menyamarkan bintik gelap, dan membuat kulit wajah terlihat lebih bercahaya, seperti dilansir dari self.com, Selasa (1/10/2019).

Secara umum, eksfoliasi kimia lebih disukai karena teksturnya lebih lembut dan cenderung tidak menyebabkan iritasi pada kulit kering atau sensitif. Kamu yang memiliki jenis kulit berjerawat mungkin juga lebih memilih eksfoliasi kimia.

 

Tips memilih eksfoliasi yang tepat sesuai jenis kulit wajah

Kamu yang memiliki warna kulit lebih gelap juga harus tahu bahwa eksfoliasi fisik yang dilakukan secara agresif dapat menyebabkan hiperpigmentasi paska inflamasi. Sebaliknya, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, kemungkinan besar kamu bisa mentolerir eksfoliasi fisik.

Terlepas dari apapun jenis kulitmu, lakukan eksfoliasi sekali saja dalam seminggu jika kamu baru memulainya. Setelah itu, kamu bisa lebih rutin lagi melakukannya, dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Jika kamu melihat reaksi seperti kemerahan, kekeringan, peningkatan sensitivitas, atau kulit mengelupas, sebaiknya hentikan langsung. Intinya, eksfoliasi adalah perawatan kulit wajah yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati, agar tidak merusak.

Ingin tahu lebih banyak tentang tips kecantikan atau rutinitas perawatan kulit wajah yang tepat? Daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan kesempatan menghadiri talkshow "Brave Bold Beauty" Fimela Fest 2019 bersama Affi Assegaf di sini!

 

 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Aman Melakukan Eksfoliasi Setiap Hari dengan Masker Bertekstur Selai
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Terlarang Gunakan Body Lotion untuk Wajah