Sukses

Beauty

Tertarik Mencoba Produk Kecantikan Alami di Rumah? Pastikan Memiliki Peralatan Ini

Fimela.com, Jakarta Membuat produk kecantikan sendiri atau homemade, kerap menjadi kegiatan yang menantang bagi orang yang gemar berkesperimen atau memiliki rasa penasaran tinggi. Terdapat kepuasan tersendiri jika produk kecantikan yang kita buat, ternyata memberikan hasil positif pada kulit. Tenang, siapa saja bisa kok membuat produk kecantikan di rumah, asalkan kamu mengikuti resep dengan benar dan memiliki alat-alat yang memadai, juga aman digunakan, seperti rekomendasi Kristin Marr, seorang blogger yang kerap memberikan tips seputar makanan dan kesehatan melalui blognya, livesimply.me.

Sendok Takar

Takaran yang sesuai merupakan kunci dari kesuksesan produk kecantikan alami di rumah. Jangan sampai nanti kamu menuangkan salah satu bahan terlalu banyak atau sedikit, sehingga dapat merusak komponen di dalamnya. Apalagi jika berurusan dengan kulit, sebaiknya kamu lebih berhati-hati lagi saat membuatnya. Demi meminimalisir kesalahan, gunakanlah sendok maupun gelas takar untuk memastikan bahwa ukuran yang digunakan sudah sesuai dengan apa yang diintruksikan pada resep.

Baca Juga: Mengenal Mugwort, Kandungan Skin Care yang Sedang Naik Daun di Korea Selatan dan Manfaatnya bagi Kecantikan

Wadah

Agar memudahkan saat mengaduk bahan-bahan, Kristin menyarankan untuk menggunakan wadah. Mengingat produk kecantikan yang dibuat, kebanyakan memiliki tekstur cair atau krim. Ditambah, wadah merupakan tempat yang tepat agar 'ramuan' tidak mudah tumpah. Ia memberikan tips, bagi kamu yang membuat produk kecantikan homemade menggunakan butter dan beeswax, "Saya sarankan untuk menggunakan wadah khusus untuk keduanya. Saya sendiri lebih suka wadah yang terbuat dari kaca, karena aman digunakan untuk mencampur bahan." Karin juga mengingatkan bahwa menggunakan wadah dari logam dan bentonit clay tidak disarankan, karena dikhawatirkan akan merusak komposisi bahan.

Sendok plastik, kayu, dan metal

Kristin merasa konyol saat menyebutkan sendok menjadi salah satu alat esensial yang dibutuhkan, karena tentu kamu memilikinya, bukan? Namun, tidak semua bahan dapat dicampur dan diaduk bersama menggunakan satu jenis sendok saja. Jika kamu berencana membuat produk kecantikan dengan bentonit clay, seperti foundation powder atau masker wajah, penting untuk menyimpan sendok plastik. "Saya menggunakan sendok plastik re-usable untuk mencampur produk berbahan clay," ungkapnya. Sendok logam atau kayu biasa digunakan Kristin untuk mencampur produk yang selain berbahan clay. "Sendok logam sedikit lebih mudah dibersihkan ketika digunakan untuk mengaduk beeswaax dan mentega sayur," tambahnya.

Baca Juga: Tak Hanya Memberi Kesan Estetis, Ini Alasan Mengapa kamu Sebaiknya Menggunakan Alat Dapur Berbahan Kayu

 

Botol kecil

Meracik produk kecantikan sendiri menandakan bahwa kamu juga sebaiknya menyiapkan kemasan sendiri. Siapkan tempat berupa botol, jar, atau toples, untuk menampung 'ramuan' yang kamu buat. Sebagian besar produk kecantikan yang dapat digunakan berulang kali bisa disimpan di botol biasa. Namun, beberapa bahan seperti beeswax atau tepung pati, sebaiknya disimpan dalam wadah khusus. Kristin menyarankan untuk menyimpannya di sebuah jar atau toples besar. "Saya sangat menyarankan kamu untuk memikirkan produk yang ingin dibuat dan bagaimana cara menyimpannya, sebelum membeli wadah khusus," ucap Kristin mengingatkan.

Timbangan

Selain sendok dan wadah takar, Kristin juga menyebut timbangan sebagai salah satu alat yang tidak boleh dilupakan. Menimbang merupakan cara paling akurat untuk mengukur seberapa banyak bahan-bahan yang akan digunakan. "Ukuran satu sendok makan atau satu gelas dapat bervariasi. Sulit mendapatkan pengukuran yang tepat dan konsisten jika hanya mengkamulkan volume saja," jelasnya. Timbangan akan sangat berguna ketika kamu menggunakan buah atau sayuran sebagai salah satu bahan produk kecantikan yang akan dibuat.

Baca Juga: Deretan Kandungan Bahan Alami yang Baik untuk Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Semoga bermanfaat.

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menjaga Rambut dari Kerusakan Akibat Polusi
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Memiliki Microbiome yang Seimbang agar Kulit Tampak Muda