Sukses

Beauty

Jenis Minyak Zaitun untuk Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika minyak zaitun menyimpan beragam manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Mulai dari fungsi minyak zaitun untuk memasak dan menambah cita rasa makanan, hingga manfaat baiknya dalam menjaga kelembapan kulit. Nah, untuk manfaat yang terakhir, sayangnya kandungan baik dalam minyak zaitun tidak bisa dirasakan oleh setiap orang. Alih-alih sehat, kulit wajah malah bisa mengalami iritasi dan kemerahan jika tidak mengikuti aturan sebelum memanfaatkan minyak zaitun sebagai perawatan wajah. Agar kulit tetap sehat dan bebas iritasi, sebaiknya ketahui apa saja manfaat dari minyak zaitun, serta aturan penggunaanya berikut ini.

Penggunaan minyak zaitun pada perawatan kulit

Salah satu keunggulan utama minyak zaitun adalah vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan memang telah dikenal sebagai substansi yang dapat melawan dampak buruk dari radikal bebas. Bagi kamu yang juga mulai memiliki masalah penuaan dini yang muncul di kulit, antioksidan di dalamnya mampu membantu mengurangi kerutan dan tkamu penuaan di kulit akibat sinar UV dan radikal bebas.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Tentu kamu sendiri mengenal vitamin E sebagai salah satu zat yang bermanfaat bagi kulit terutama bagi pengidap eksim dan psoriasis. Menurut dr. Paul Lorenc seperti yang dilansir melalui Byrdie. Pada perawatan kulit minyak zaitun sangat bagus untuk menguraikan substansi yang tidak bisa hilang hanya dengan air, seperti maskara dan eyeliner. Kandungan squalene di dalamnya pun dapat melembapkan lapisan kulit yang lebih tipis dan rentan di area mata.

Efek samping dan kecocokan dengan kulit

Layaknya penggunaan skin care berbahan dasar minyak pada umumnya, pori-pori kulit juga memiliki risiko tersumbat terutama saat kamu menggunakan minyak zaitun secara berlebihan. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan bagi kamu yang sejak awal memiliki kulit dengan jenis berminyak. Pada sebuah kesempatan dengan dermatolog dr. Mona Gohara seperti yang dituturkan media daring Marie Claire, “Minyak zaitun memiliki tekstur dan massa yang berat sehingga sangat potensial sebagai sarana pertumbuhan jerawat.”

Tak cuma itu, minyak zaitun juga tergolong sebagai bahan yang bersifat komedogenik meski hanya mencapai skor 2 dari 5 tingkatan substansi komedogenik, sehingga tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif. Melihat plus minus yang dimiliki jenis minyak ini, penting bagi kamu untuk melakukan patch test sebelum memutuskan untuk rutin menggunakan minyak zaitun. Jika setelah melakukan patch test dan menunggu selama 48 jam tidak terjadi reaksi buruk pada kulit seperti kemerahan, iritasi maupun gatal-gatal, maka besar kemungkinan minyak zaitun tergolong aman bagi kulit kamu. Tak kalah penting, menurut Mona Gohara, M.D., seperti dilansir marieclaire.com, bagi kamu yang terbukti aman menggunakan minyak zaitun, ada baiknya untuk mencampurkan bahan ini dengan pelembap favorit, dibandingkan langsung mengaplikasikannya pada wajah yang kering.

 

Anjuran penggunaan minyak zaitun

Dalam menggunakan minyak zaitun pada wajah, ada baiknya kamu menggunakan virgin olive oil seperti yang dianjurkan dr. Lorenc. Seperti yang dituturkan pada Byrdie, minyak zaitun terbaik adalah yang terbukti organik, cold-pressed, dan tidak melalui proses modifikasi genetis. Hal ini karena minyak zaitun akan mencapai potensi dan konsentrasi terbaiknya tanpa penggunaan panas atau proses kimiawi. Minyak zaitun yang seperti itu juga tidak mengandung pengawet yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Pada penerapannya sendiri, akan lebih baik saat kamu mengaplikasikan minyak zaitun pada wajah yang masih lembab atau sedikit basah. kamu juga tidak perlu meneteskan minyak zaitun pada seluruh wajah karena dapat menyumbat pori-pori. Mulailah menggunakannya selama dua kali seminggu dengan meneteskan satu atau dua tetes di permukaan wajah sebelum diratakan. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, menggunakan minyak zaitun setelah berpanas-panasan juga dapat membantu perbaikan kulit dari paparan sinar UV. Bagaimana, kamu tertarik memanfaatkan minyak zaitun ke dalam rutinitas perawatan kulit? Pastikan untuk melakukan patch test atau konsultasi dengan dokter ahli sebelum mencobanya, ya!

Baca juga: Kerap Dipakai Dalam Produk Pencerah Kulit, Ini 5 Manfaat Lain Bengkuang yang Perlu Diketahui

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menjaga Rambut dari Kerusakan Akibat Polusi
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Olahraga Rutin Meningkatkan Kecantikan Alami