Sukses

Beauty

Mengenal Manfaat Petida untuk Mencegah Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang telah berusia 25 tahun ke atas, kini sudah waktunya untuk tak lagi lalai merawat kulit demi menghindari tanda penuaan, lho! Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan, seperti treatment di klinik kecantikan, hingga menggunakan produk skin care dengan formula khusus utnuk masalah aging. Dari berbagai kandugan yang kerap digunakan, peptides atau peptida merupakan kandungan yang tengah jadi primadona. Kira-kira apa manfaatnya untuk kulit, ya?

Apa itu peptida dan apa manfaatnya untuk kulit?

Dilansir dari situs Paula's Choice, peptida merupakan rangkaian asam amino yang bekerja menghasilkan protein. Apa hubungannya dengan kulit? Well, tanpa adanya protein dalam sel tubuh, maka kulit akan kesulitan untuk memproduksi kolagen sehingga elastisitas pun menurun dan muncul kerutan.

Menurut Dr. Deanne Mraz Robinson, pakar kecantikan dari Modern Dermatology di Westport, peptida tidak hanya berfungsi dalam pembentuka kolagen, namun juga berguna untuk memproduksi serat elastin yang bekerja menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.Dr. Deanne juga menuturkan bahwa saat memasuki usia 30 tahun, manusia akan kehilangan kolagen sebanyak 1% tiap tahunnya. Selain faktor usia, faktor lingkungan dan sinar UV juga berpotensi mengurangi bahkan merusak kolagen pada tubuh. Dilansir dari dermstore, disebutkan bahwa peptida pun memiliki enzim yang bekerja menghambat kerusakan kolagen alami pada kulit.

Nah, dapat disimpulkan bahwa penggunaan skin care dengan kandungan peptida sangat penting karena bisa membantu mendorong produksi kolagen agar kondisi kulit tetap kencang dan awet muda. Apalagi, kandungan peptida juga dikliam relatif aman untuk kulit, karena tidak menyebabkan kemerahan maupun iritasi.

 

Penggunaan peptida dalam perawatan kulit

Kandungan peptida yang kaya manfaat bisa ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit. Beberapa di antaranya yang menarik untuk dicoba adalah:

  • The Ordinary Buffet
  • Pixi Retinol Tonic
  • Peter Thomas Roth Peptide 21 Wrinkle Resist Serum

Meski disinyalir bahwa peptida dapat mengatasi permasalahan kulit yang berkaitan dengan penuaan, pendiri Paula's Choice Paula Begoun menekankan bahwa tak ada solusi tunggal untuk semua masalah penuaan. Kulit adalah organ yang komples, sehingga kebutuhannya tak mungkin terpenuhi hanya dari peptida saja.

Apalagi, disebutkan oleh pakar kecantikan Jenna Queller bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal dari peptida dalam hal perawatan anti-aging, diperlukan peptida dengan formulasi dan takaran yang tepat.Artinya, kamu tak bisa mengharapkan hasil instan yang fantastis hanya dengan produk berkandungan peptida saja, ya. Agar hasil perawatan kulit makin maksimal, pastikan kamu juga melengkapi skin care routine kamu dengan kandungan baik untuk kulit lainnya seperti anti-oksidan, niacinamide, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kandungan Probiotik Dalam Skin Care Tengah Digemari. Ini Alasan Mengapa Juga kamu Perlu Mencobanya!

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Langkah Praktis Merawat Kulit untuk Dapatkan Tampilan Glass Skin
Artikel Selanjutnya
4 Hal untuk Mencegah Ketiak Iritasi dan Kering Setelah Bercukur