Sukses

Beauty

5 Faktor Penyebab Munculnya Flek Hitam pada Wajah

ringkasan

  • Terjadi Perubahan Hormon
  • Paparan Cahaya Lampu dan Gadget
  • Menggunakan Produk Kecantikan dengan Kandungan yang Tidak Tepat

Fimela.com, Jakarta Mungkin bukan sekali dua kali kamu pernah mendengar klaim 'menyamarkan flek hitam' dalam suatu produk kecantikan, baik makeup maupun skincare. Flek hitam merupakan bintik hitam atau kecokelatan pada wajah yang dapat terjadi pada siapa saja. Meski masalah kulit satu ini tidak berbahaya, banyak orang yang berusaha untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajahnya.

Flek hitam terjadi karena adanya hiperpigmentasi yang disebabkan oleh penumpukan sel melanin pada kulit. Nah, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan produksi melanin pada kulit meningkat hingga timbul flek hitam. Apa saja, ya? Yuk, cek di bawah!

Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Dilansir dari PFB Vanish, fungsi melanin adalah melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Saat kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung terus-menerus, sel melanosit akan memproduksi melanin makin banyak sebagai upaya untuk melindungi kulit. Namun, hal ini justru dapat menimbulkan bintik hitam pada wajah.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindung dari sinar UVA dan UVB, sehingga produksi melanin pada kulit pun tidak meningkat.

Memencet Jerawat

"Jangan dipencet jerawatnya, nanti berbekas!"

Mungkin tak sedikit dari kamu yang pernah mendengar ucapan di atas, ya. Yup, salah satu hal yang dapat menjadi penyebab flek hitam adalah jerawat. Hal ini kerap terjadi pada jerawat yang sengaja dipecahkan sebelum matang atau jerawat yang meradang. Alhasil, jerawat justru akan menjadi luka dan meninggalkan bekas berupa flek hitam. Selain itu, dilansir dari Allure, saat berjerawat kulit akan mengalami stres, sehingga dapat memicu meningkatnya produksi melanin yang meyebabkan hiperpigmentasi.

 

Perubahan Hormon

Rupanya, selain strech marks flek hitam juga kerap terjadi pada kulit perempuan yang sedang mengandung. Dikutip dari Stylecaster, munculnya flek hitam pada ibu hamil terjadi karena dalam masa kehamilan, hormon tubuh akan mengalami perubahan yang signifikan, sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan warna kulit. Namun tak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu, bercak hitam tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Selain itu, penggunaan obat kontrasepsi jenis tertentu juga dapat mengakibatkan munculnya flek hitam atau melasma pada kulit.

Menggunakan Produk Kecantikan dengan Kandungan yang Tidak Tepat

Mungkin belum banyak yang tahu jika penggunaan produk kosmetik juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab flek hitam. Penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan yang kurang tepat dengan jenis kulit bisa menyebabkan iritasi, hingga membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga memicu sel melanosit untuk memproduksi melanin lebih banyak. Maka, pastikan untuk selalu cermat dalam memilih kandungan yang ada dalam produk kecantikan yang akan kamu kenakan, atau kamu bisa melakukan uji sensitifitas sebelumnya.

Paparan Cahaya Lampu dan Gadget

Dikutip dari Allure, menurut sebuah hasil studi dalam Journal of Investigative Dermatology, cahaya dari lampu dapat menjadi pemicu terjadinya flek hitam pada kulit. David Bank, yang merupakan asisten profesor klinis dermatologi di Columbia University mengatakan jika cahaya lampu bekerja sama persis dengan sinar UV yang menyebabkan terjadinya pembentukan produksi melanin yang berlebihan. Selain itu, seperti yang tertulis dalam halaman Stylecaster, seorang ahli kecantikan asal New York, Kavita Mariwalla, M.D, menjelaskan jika panas yang dihasilkan oleh gawai juga dapat memicu timbulnya hiperpigmentasi pada kulit.

Baca Juga: 5 Langkah Perawatan Wajah untuk Mengurangi Tampilan Melasma

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menjaga Rambut dari Kerusakan Akibat Polusi
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Memiliki Microbiome yang Seimbang agar Kulit Tampak Muda