Sukses

Beauty

Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Melakukan 5 Rutinitas Skincare Dasar

Fimela.com, Jakarta Saat ini ada jutaan produk skincare di luar sana, namun penggunaan skincare yang tepat harus efektif, sederhana, dan konsisten. Dilansir dari self.com, Senin (7/10/2019), sebenarnya rutinitas skincare hanya ada 5 langkah. Berikut ini adalah cara tepat untuk melakukan rutinitas skincare dasar.

1. Pembersih

Rutinitas skincare ini membantu menghilangkan kelebihan minyak, makeup, kotoran, dan sel kulit mati. Gunakan pembersih sebagai rutinitas skincare pertama di pagi dan malam hari.

Produk pembersih biasanya diaplikasikan langsung oleh tangan, beberapa membutuhkan kulit yang dibasahi air terlebih dahulu, namun biasanya langsung dapat diaplikasikan pada kulit kering. Pijat lembut sampai merata ke seluruh permukaan kulit wajah, lalu bilas menggunakan air hangat.

Produk pembersih berbasis air sangat cocok bagi semua jenis kulit, namun jika kulitmu kering atau sensitif, gunakan produk berbasis minyak atau krim untuk membantu melembapkan kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak atau rentan berjerawat, gunakan produk yang mengandung asam salisilat.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi sebenarnya bukan langkah penting, namun rutinitas skincare yang satu ini membantu menghilangkan lapisan luar sel kulit mati, mencerahkan, dan menghaluskan wajah. Untuk melakukan rutinitas skincare eksfoliasi, lakukan segera setelah membersihkan kulit, baik di pagi, maupun di sore hari.

3. Retinoid

Retinoid adalah turunan dari senyawa vitamin A yang terbukti efektif mengobati jerawat dan mengurangi munculnya garis halus, serta kerutan. Umumnya, para ahli akan menyarankan untuk memulai dengan retinol, gunakan hanya 3 kali dalam seminggu.

Saat menggunakan produk retinoid resep, penting untuk mengikuti instruksi dari dokter. Jangan gunakan produk eksfoliasi bersamaan dengan retinoid, gunakan secara bergantian, eksfoliasi di pagi hari dan retinoid di malam hari.

4. Pelembap

Pelembap membantu menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Pelembap seharusnya diaplikasikan setelah produk pembersih dan eksfoliasi, dan sebelum tabir surya.

5. Tabir surya

Tabir surya adalah rutinitas skincare yang tidak dapat dinegosiasi. Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit dan munculnya tanda- tanda penuaan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Berkenalan dengan Produk Skincare Andalan Park Shin Hye
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kering di Bawah Rp150.000