Sukses

Beauty

5 Alasan Aloe Vera Populer di Industri Kecantikan

ringkasan

  • Mampu menyembuhkan permasalahan kulit
  • Dapat mengatasi jerawat
  • Melembapkan, melembutkan, sekaligus menutrisi kulit

Fimela.com, Jakarta Sebagai salah satu negara beriklim tropis, Indonesia memiliki beragam jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan. Oleh karenanya, jangan heran jika kamu akan dengan mudahnya menemui berbagai tips cantik menggunakan sayur, buah, serta tanaman hias yang bisa dilakukan sendiri di rumah, salah satunya menggunakan aloe vera. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, manfaat aloe vera alias lidah buaya sendiri begitu banyak.

Bahan alami ini kaya akan nutrisi serta mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, Vitamin B12, Vitamin C, dan juga vitamin E. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung berbagai jenis mineral, inositol, asam folat, 20 dari 22 asam amino, serta saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba. Menariknya lagi, sistem kekebalan tubuh juga dapat terlindungi secara maksimal berkat adanya kandungan asam folik di dalamnya.

Well, jauh sebelum aloe vera gel populer, masyarakat Indonesia memang sudah menjadikan tumbuhan ini sebagai satu bahan alami terbaik untuk merawat rambut. Sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar, ibu saya bahkan seringkali mengoleskan lidah buaya ke rambut saya, lho! Katanya sih agar tampilannya jadi lebih sehat, kuat, dan nggak mudah rontok. Beranjak dewasa, saya pun mulai banyak menemukan produk kecantikan yang mengandung lidah buaya. Lalu, nggak sedikit pula review yang bertebaran di internet dan menyatakan bahkan lidah buaya bermanfaat sekali untuk kulit. Lantas, apa saja sih yang membuat kandungan ini begitu populer di industri kecantikan?

1. Mampu menyembuhkan permasalahan kulit

Berdasarkan penelitian yang bersumber dari Journal of Traditional and Complementary Medicine, lidah buaya mengandung antimicrobial, imune-boosting, anti-oksidan, serta zat penyembuh luka yang efektif untuk menangani berbagai permasalahan kulit secara lebih cepat, mulai dari gatal-gatal, eksim, hingga psoriaris. Eksim (eczema) sendiri berisiko menyebabkan kulit pecah dan berdarah, sehingga memungkinkan seseorang rentan terkena infeksi. Untungnya. Bahan alami ini mengandung zat antimikroba yang dapat mencegah terjadinya infeksi tersebut.

2. Efektif dalam mencerahkan kulit

Kulit cerah juga merupakan salah satu manfaat yang ditawarkan oleh lidah buaya berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya. Nah, kandungan ini tak hanya akan menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat saja, tapi juga membantu meratakan rona kulit yang tidak merata. Pssst, kandungan vitamin C pada lidah buaya juga mampu meningkatkan kulit untuk memperbaiki kemampuannya dalam memperbaiki diri, lho!

 

3. Dapat mengatasi jerawat

Punya masalah jerawat? Tenang, lidah buaya bisa menanganinya kok! Kandungan salicylic acid serta sifat anti-inflamasi yang dimiliki bahan alami ini dikenal sangat baik dalam mengatasi peradangan jerawat. Menurut dokter kulit asal California bernama David Lortscher, M.D., lidah buaya banyak mengandung agen yang dikenal baik untuk menghambat jamur, bakteri, dan virus penyebab jerawat. Selain itu, agen-agen tersebut juga membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar.

4. Mengurangi efek sunburn

Lidah buaya mengandung dua hormon bernama axim dan gibberllins. Nah, kedua kandungan ini memiliki manfaat anti-inflamasi yang dapat membantu merawat kulit yang terbakar sinar matahari. Bagi kamu yang sering beraktivitas di bawah terik sinar matahari, lidah buaya bisa jadi solusi tepat untuk memberi efek sejuk di kulit, lho!

5. Melembapkan, melembutkan, sekaligus menutrisi kulit

Last but not least, lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin E sebagai anti-oksidan yang dapat menjaga kesehatan serta kelembutan kulit. Anti-oksidan sendiri diyakini dapat memperbaiki struktur kulit, sehingga tampilannya pun akan terlihat lebih plump, tampak lebih muda, dan tentunya meminimalisir tanda-tanda penuaan dini seperti kerput serta garis halus.

Bagaimana, semakin mempercayakan kulit dengan manfaat aloe vera?

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Gatal di Area Wajah yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih Sunscreen yang Tepat agar Tidak Memicu Jerawat