Sukses

Beauty

FIMELA FEST 2019: Wajib Tahu 4 Fakta Tentang Alkohol dalam Skincare

Fimela.com, Jakarta Alkohol mungkin telah menjadi salah satu kandungan dalam skincare yang sangat ditakuti. Faktanya, alkohol justru kerap membantu jika digunakan sebagai salah satu kandungan skincare.

Sebelum kamu salah paham dan ingin asal cantik, ketahui beberapa fakta tentang alkohol dalam skincare seperti dilansir dari self.com, Senin (14/10/2019) berikut ini. Penasaran?

1. Alkohol dalam skincare tidak selalu membakar atau menyengat kulit wajah

Ada berbagai jenis alkohol yang berbeda. Biasanya alkohol dalam skincare telah terbukti aman digunakan untuk kulit wajah.

Alkohol adalah molekul yang memiliki gugus hidroksil. Hidroksil adalah atom oksigen yang terikat pada atom hidrogen, dan alkohol ditemukan pada sejumlah besar molekul organik.

Alkohol bisa kamu temukan dalam berbagai hal, tidak hanya skincare. Struktur alkohol yang berbeda-beda inilah yang menentukan bagaimana setiap jenisnya bereaksi di kulit wajah.

2. Umumnya, alkohol digunakan untuk membuat produk tahan lama dan menyerap lebih mudah

Sebenarnya bukan hal yang baru bagi skincare untuk menggunakan alkohol sebagai pelarut atau pengemulsi. Alkohol dengan berat molekul yang rendah berfungsi sebagai pelarut, mendorong kandungan lainnya di dalam skincare tidak larut dalam air.

Inilah mengapa alkohol dengan berat molekul yang rendah berfungsi untuk mencapai tekstur suatu produk skincare. Selain itu, alkohol ini membuat produk skincare terasa lebih ringan di kulit wajah, terutama jika kamu memiliki jenis kulit berminyak.

 

3. Beberapa jenis alkohol justru bisa melembapkan

Alkohol dengan berat molekul yang tinggi dapat menjaga emulsi minyak dan air tetap terpisah, membantu membuat lapisan kulit luar terasa lebih halus dan lembut. Biasanya alkohol ini berasal dari asam lemak dalam minyak nabati. Karena tekstur yang tebal, alkohol ini juga dapat digunakan sebagai pelembap untuk melindungi kulit dan meningkatkan penghalang lipid alami.

4. Menggunakan terlalu banyak alkohol dalam skincare dapat menyebabkan iritasi

Alkohol dapat memecah lipid pada penghalang luar kulit. Bahkan beberapa jenis alkohol dalam skincare cenderung membuat kulit lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.

Intinya, alkohol dalam skincare tidak disarankan untuk digunakan terlalu sering dan terlalu banyak. Masihkah kamu takut menggunakan skincare yang mengandung alkohol?

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang hal-hal kecantikan, jangan lewatkan talkshow Fimela Fest 2019 "Brave Bold Beauty" bersama Affi Assegaf di sini! Daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk hadir langsung.

 

 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading