Sukses

Beauty

8 Cara Tepat Lakukan Pedicure di Rumah Saat Malas ke Salon

Fimela.com, Jakarta Melihat cat kuku mulai terkelupas dan berantakan tentu menjadi pemandangan yang menggemaskan. Salon menjadi hal pertama yang terpikirkan untuk pedicure dan memperbaiki kondisi kuku yang berantakan.

Namun jika kamu malas ke salon, kamu bisa melakukan pedicure di rumah, melansir dari Purewow.com pada Senin (14/10/2019). Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Hapus cat kuku lama

Gunakan penghapus cat dan bola kapas untuk menyingkirkan cat kuku yang sudah rusak. Lebih baik gunakan pembersih nonaseton, karena aseton dapat membuat kuku menjadi lebih keras dan menghilangkan minyak alami pada kulit dan kuku.

2. Rendam kaki

Setelah kuku benar-benar bersih, rendam kaki dengan air hangat yang sudah ditetesi pembersih tubuh. Masuka juga garam epson untuk mengurangi pembengkakan, menetralisir bau, membunuh bakteri, hingga menyingkirkan kulit mati. Rendam selama 15 menit untuk melembutkan kulit yang keras, lalu keringkan dengan handuk.

 

 

3. Singkirkan kulit mati

Gunakan batu apung untuk menggosok daerah kering di sisi dan tumit kaki. Namun jangan terlalu keras. Gosok hingga kaki terasa halus.

4. Mengikir kuku

Gunakan gunting kuku dan potong kuku secara lurus. Sehingga kuku tidak tumbuh ke dalam dan menusuk ke daging. Menurut Healthline, kuku jari kaki harus memiliki gunting sendiri. Agar menghindari perpindahan jamur dan bakteri. Setelah itu, ambil kikir kuku untuk sedikit membulatkan bagian sudut kuku.

5. Persiapan kaki sebelum dicat

Aplikasikan minyak kutikula ke dasar kuku. Kutikula membantu melindungi kuku dari bakteri. Sehingga kamu harus membuatnya tetap lembap. Gunakan lotion atau krim kaki favorit untuk melembapkan kaki. Luangkan beberapa menit untuk memijatnya. Kemudian aplikasikan pemisah jari sehingga memudahkan proses pengecatan kuku.

 

6. Kenakan coat dasar

Aplikasikan coat dasar untuk memperkuat kuku dan membantu cat kuku bertahan lebih lama. Mulai dari bagian tengah pangkal kuku di atas kutikula dan sapukan kuas hingga ke ujung. Biarkan mengering selama dua menit sebelum menggunakan cat warna pilihan.

7. Oleskan cat kuku favorit

Setelah mengaplikasikan warna cat kuku favorit, jangan lupa untuk mengoleskan coat tipis di setiap kuku. Tunggu sekitar dua menit baru aplikasikan coat berikutnya. Jika sudah selesai hingga layer terakhir, aplikasikan top coat untuk menjaga kilau kuku.

8. Keringkan kuku

Butuh waktu lama memang untuk mengeringkan cat kuku. Untuk mempercepat, kamu bisa celupkan jari kaki ke dalam air dingin selama beberapa menit untuk mengeraskan cat kuku lebih cepat.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading