Sukses

Beauty

Tips Menjaga Rambut dari Kerusakan Akibat Polusi

Fimela.com, Jakarta Kondisi udara di ibu kota beberapa kali sempat dikabarkan menyentuh angka tidak sehat. Memang tak bisa dipungkiri kondisi ini membuat banyak orang khawatir saat harus beraktivitas di luar ruangan karena ancaman polutan yang bisa mengganggu kesehatan. Namun perlu disadari juga, kondisi udara yang buruk tak hanya menjadi ancaman bagi pernapasan tapi juga kulit dan rambut. Udara yang panas disertai debu dan asap kendaraan dapat menyebabkan kulit kepala dipenuhi kotoran, rambut kusam, hingga yang paling parah, ancaman kebotakan dini. Untuk mengatasi hal ini, yuk ketahui beberapa tips untuk menjaga rambut dari kerusakan akibat polusi melalui anjuran para pakar berikut.

Rajin keramas

Meski terdengar sederhana, namun menurut Anabel Kingsley, ahli trikologi asal Inggris, seperti yang ia tuturkan pada Refinery29, rutin keramas adalah salah satu cara termudah untuk menjaga rambut dari polusi dan debu yang menempel di kulit kepala hingga rambut. Ia menyarankan untuk tidak mendiamkan rambut yang sering terpapar polusi terlalu lama karena berbagai kotoran tersebut dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala. Selain rutin keramas, Sam Burnett, pemilik salon terkenal di London Hare & Bone, juga mengungkapkan bahwa keramas memang penting namun jangan sampai kamu terlalu sering mencuci rambut. Over-washing pada rambut dapat mengikis pelembap alami pada kulit kepala dan membuatnya semakin kering. Rambut bercabang pun lebih mudah terjadi. Untuk itu ia menyarankan penggunaan sampo yang mampu melakukan pembersihan secara mendalam.

Berhati-hati saat menyisir dan styling rambut

Polusi udara dapat melemahkan kekuatan rambut, membuatnya mudah patah dan rentan terhadap rambut bercabang dan rontok. Untuk mengatasi hal tersebut Susanna Romano, stylist asal New York, mengungkapkan pada Shape bahwa rambut yang kerap terpapar polusi harus diperlakukan dengan lembut termasuk saat menyisir dan styling. Salah satu cara terbaik untuk menyisir rambut yakni dimulai dengan menyisir rambut bagian bawah sebelum ke bagian atas rambut. Tak hanya itu, ia juga menganjurkan agar berhati-hati saat melakukan styling pada rambut terutama jika menggunakan alat pemanas seperti alat catok. Gunakan heat protector untuk meminimalisir risiko kerusakan lain.

 

Memastikan rambut dan kulit kepala terjaga kelembapannya

Tak hanya kulit wajah yang memerlukan kelembapan, rambut dan kulit kepala juga, lho. Terutama jika kamu kerap melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar oleh matahari, debu, serta polusi. Jika pelembap adalah kunci hidrasi bagi kulit wajah, maka kondisioner dan masker rambut memegang peranan penting untuk melindungi rambut dari masalah kekeringan. Romano kembali merekomendasikan setidaknya kamu melakukan hair treatment sesederhana masker rambut sekali dalam seminggu jika memiliki kegiatan yang padat. Gunakan bahan-bahan yang melembapkan seperti minyak jojoba yang dapat melembapkan sekaligus memperkuat lapisan hydro-lipid alami yang melapisi rambut agar tetap lembap. Jika merasa perlu, kamu juga bisa menambahkan vitamin tanpa bilas untuk menjaga kesehatan rambut.

Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kandungan Skincare yang Perlu Dicari untuk Kulit Sehat dan Glowing
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mudah Manjakan Diri dengan Menciptakan Pengalaman Spa di Rumah