Sukses

Beauty

Air Tajin, Solusi untuk Memperpanjang Rambut

Fimela.com, Jakarta Air tajin tidak lagi asing bagi masyarakat Indonesia. Manfaatnya yang begitu banyak menjadikannya solusi untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Air tajin, dari generasi ke generasi, telah digunakan sebagai pengganti susu untuk para bayi. Namun, air rebusan atau rendaman beras ini ternyata juga berkhasiat untuk kecantikan. 

Selain dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah, air tajin ternyata juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Bukan cuma masyarakat Indonesia, ternyata air tajin ini juga sudah lama digunakan untuk kesehatan rambut sejak lama di Jepang. 

Dilansir dari Medical News Today, perempuan di Heian, Jepang, memiliki rambut panjang yang sehat dan kuat. Panjangnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan International Journal of Cormetic Science, bisa hingga menyentuh lantai! Ternyata, rahasia perempuan Heian merupakan air tajin yang digunakan sebagai bilasan dan masker rambut. 

Di dunia modern ini, air tajin juga digunakan perempuan suku Yao di China yang tinggal di sebuah desa bernama Huangluo. Perempuan suku Yao ini memiliki rambut yang panjangnya bisa mencapai hampir 2 meter! Tidak hanya sekadar panjang, rambut mereka juga sangat indah bercahaya dan kuat. Lantas, kenapa air tajin dapat menyehatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut?

 

Sains di Balik Khasiat Air Tajin untuk Rambut

Tahun 2010, sebuah penelitian yang diterbitkan International Journal of Cosmetic Science menunjukkan rice water atau air tajin bisa mengurangi gesekan permukaan dan meningkatkan elastisitas rambut. Tapi, penelitian ini hanya mengandalkan conton-contoh secara historis untuk menarik kesimpulan. 

Lain lagi pada penelitian di Jepang dengan judul Development of Hair-Care Productsfrom Rice Water menunjukkan, inositol yang terkandung di dalam air tajin dapat meningkatkan elastisitas rambut. Meskipun belum ada banyak penelitian lain mengenai air tajin dan kesehatan rambut, banyak perempuan dari berbagai negara mulai mempraktikkan masker atau bilasan air tajin secara rutin. 

Cara Membuat Bilasan dan Masker Air Tain untuk Rambut

Sebenarnya, caranya sama dengan memasak nasi dari beras. Ketika air sudah mendidih, tuang air ke dalam wadah kaca dan dinginkan. 

Setelah keramas menggunakan sampo, Sahabat Fimela dapat melarutkan air tajin dengan sedikit air untuk membuatnya lebih cair dan lebih mudah untuk di aplikasikan. Namun, sebenarnya tanpa dilarutkan pun air tajin sudah bisa kamu aplikasikan pada rambut yang sudah bersih. 

Pijat kulit kepala selama 2-3 menit. Kemudian, ikat rambut dan steam rambut selama 20 menit. Jika tidak ada steamer khusus rambut, kamu juga bisa menggunakan shower cap yang terbuat dari plastik. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading