Sukses

Beauty

5 Manfaat Sandalwood bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Jerawat, kulit kusam, hingga flek hitam merupakan beberapa masalah kulit yang sering dialami oleh banyak perempuan terutama ketika polusi lingkungan terus meningkat, hingga kesibukan padat yang membuat stres bisa memicu munculnya masalah tersebut. Tidur yang cukup, banyak mengonsumsi air putih dan makanan sehat, serta rutin bisa diterapkan untuk memperbaiki ataupun mencegah kondisi kulit tersebut. Namun terkadang itu saja tidak cukup, kita tetap membutuhkan perawatan eksternal untuk mengatasi jerawat, flek, dan juga kulit yang kusam. Dari berbagai produk perawatan yang ada, kamu dapat mencoba produk yang mengandung sandalwooddi dalamnya. Bahan alami yang terkenal berasal dari India ini dikenal dengan beragam manfaatnya. Berikut ini lima manfaat sandalwood bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

Sandalwood Digunakan untuk Perawatan Kulit Sejak Masa India Kuno

sandalwood atau di Indonesia disebut cendana merupakan salah satu bahan alami yang ternyata telah digunakan sejak zaman India kuno dalam perawatan ayuverda. sejak masa India kuno. Biasanya sandalwood akan diolah terlebih dahulu menjadi bubuk, pasta, atau disuling hingga menghasilkan minyak essensial. Dalam halaman Vogue disebutkan jika bahan herbal ini memiliki kandungan anti-bakteri, emolien alami, dan juga anti-inflamasi yang kuat, sehingga memiliki banyak manfaat bagi kulit.

Berikut ini berbagai manfaat yang bisa kulit didapatkan dari kayu cendana

Mengatasi Jerawat hingga Milia

Cendana memiliki kandungan anti-bakteri dengan sifat anti-septiknya yang baik untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat, dan lebih cepat membantu mengeringkan jerawat. kamu bisa mengaplikasikan pasta sandalwood sebagai spot treatment pada bagian wajah yang berjerawat. Selain itu, menurut halaman Astrida Natural, pasta yang terbuat dari serbuk kayu cendana yang telah dicampur dengan bubuk kunyit dapat digunakan untuk mengatasi blackhead bahkan milia, lho!

Menenangkan Kulit yang Iritasi

Seperti yang disampaikan di atas, sandalwood memiliki agen anti-infalamasi yang kuat, yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti eczema, dermatitis dan psoriasis. Bukan itu saja, karena memiliki sifat seperti astringent, cendana juga dapat menenangkan kulit yang iritasi, sunburn, dan mengembalikan warna kulit yang gosong akibat terbakar sinar matahari. Caranya sangat sederhana, cukup aplikasikan pasta yang terbuat dari bubuk cendana pada kulit yang bermasalah.

Menyamarkan Tampilan Pori-pori

Tampilan pori-pori yang besar bisa menjadi salah satu tanda mulai menurunnya elastisitas kulit. Dikutip dari halaman Organic Facts, kamu dapat memanfaatkan bubuk sandalwoodyang dicampur dengan minyak essensial ataupun air mawar sebagai masker wajah guna mengecilkan pori-pori. Selain itu pada sumber yang sama juga dikatakan, sandalwood memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit yang menjadi penyebab munculnya berbagai masalah aging.

Mencerahkan Kulit

Dalam halaman Organic Facts juga disebutkan jika banyak orang di negara-negara Asia menggunakan bubuk cendana yang telah dibuat menjadi pasta sebagai masker wajah, untuk mencerahkan maupun meratakan warna kulitnya. Selain itu butiran bubuknya yang halus juga bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada kulit hingga pori-pori.

Meningkatkan Kelembapan Kulit

Sebelumnya telah disebutkan jika sandalwood juga memiliki kandungan emollient, kandungan inilah yang menjadikan bahan alami satu ini sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering. Kandungan minyak alami pada cendana dapat dengan sempurna menyerap sehingga dapat membantu melembapkan kulit dari dalam. Namun perlu diingat, jangan mencampur sandalwood oil dengan minyak essensial lain seperti lavender atau bergamot karena dilansir dari Vogue hal tersebut justru bisa membuat kulit iritasi.

Baca Juga: Sudah Digunakan Sejak Dulu Kala, Ini Ragam Manfaat Kecantikan yang Bisa kamu dapatkan dari Bahan Alami Licorice

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kandungan Skincare yang Perlu Dicari untuk Kulit Sehat dan Glowing
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mudah Manjakan Diri dengan Menciptakan Pengalaman Spa di Rumah