Sukses

Beauty

Mengenal Jenis Pelembap dan Manfaatnya untuk Semua Tipe Kulit

Fimela.com, Jakarta Sejauh ini, pelembap adalah produk perawatan kulit yang paling banyak digunakan dan direkomendasikan. Kulit kering dapat menyebabkan berbagai permasalahan lainnya. Untuk itu dbutuhkan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Namun, masih banyak perempuan yang menggunakannya tidak tahu manfaat sesungguhnya dari pelembap. Seperti dilansir dari situs Boldsky, Jumat (18/10/2019), yuk cari tahu lebih banyak dengan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit ini!

Apa itu Pelembap?

Istilah pelembap diciptakan oleh produsen kecantikan dengan manfaat untuk melembapkan kulit. Tapi bukan hanya itu yang dilakukan pelembap saat ini. Pelembap meningkatkan hidrasi, melindungi, serta meningkatkan tekstur kulit. Mereka juga membantu mengatasi kulit kering dan berbagai masalah yang berkaitan dengannya seperti dermatitis atopik.

Pelembap hadir dalam berbagai bentuk dan konsistensi sehingga memberikan tambahan nutrisi pada kulit. Jenis pelembap tidak hanya ada satu, namun secara luas diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Berikut penjelasannya!

1. Emolien

Emolien digunakan untuk menghidrasi kulit. Pelembap ini terdiri dari lipid dan minyak digunakan untuk mengatasi kulit kasar dan kering. Emolien juga membantu membuat kulit lembap dan lembut serta meningkatkan kesehatan kulit. Kulit kering dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit lainnya sehingga perlu menggunakan emolien untuk menjaga kelembapannya.

2. Humektan

Humektan merupakan molekul yang menarik dan menyerap air di lapisan luar kulit. Gliserol, glikol, AHA, urea, dan asam hialuronat adalah beberapa contoh utama humektan. Ini juga merupakan bahan yang banyak ditemukan pada produk perawatan untuk kulit kering.

3. Occlusives

Occlusives adalah pelembap berbasis minyak dan lilin yang menciptakan lapisan pelindung pada kulit dan dengan demikian mencegah hilangnya air dari kulit. Petrolatum, lilin lebah, minyak mineral, seng oksida, dan silikon adalah contoh utama oklusif. Pelembap ini sangat tepat untuk kulit dengan pori-pori besar yang cenderung kehilangan air pada tingkat yang lebih tinggi.

 

Manfaat Pelembab

Pelembap berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kulit lembut, tanpa cacat, dan sehat diinginkan oleh semua orang. Dan ketika menghadapi berbagai masalah kulit, hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Pelembap menawarkan banyak manfaat yang membawa kamu selangkah lebih dekat ke kulit impian. Berikut ini adalah manfaat utama pelembap yang harus kamu ketahui.

1. Menambah kelembaban ke kulit.

2. Mengatasi peradangan kulit.

3. Membantu menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

4. Menyembuhkan luka.

5. Melindungi dari efek buruk sinar matahari.

6. Menyehatkan dan menutrisi kulit.

 

Bahan yang harus diperhatikan dalam pelembap

Setelah mengtahui apa itu pelembap dan manfaatnya, kamu juga perlu memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalam produk pelembap. Pilihlah berdasarkan jenis dan kondisi kulitmu, sebagai berikut.

1. Kulit berminyak

Banyak anggapan bahwa kulit berminyak tidak perlu pelembap. Padahal, pelembap untuk kulit berminyak sama pentingnya. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu cari untuk kulit berminyak Asam hialuronat, Glikol Niacinamide, Retinoid, Asam salisilat, Seng PCA, dan Asam laktat.

2. Kulit kering

Kulit kering adalah yang paling diuntungkan dari penggunaan pelembap. Ini membantu mengurangi kekasaran, gatal, dan radang kulit. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu cari di antaranya Gliserin, Asam hialuronat, Sodium hyaluronate, Vitamin E, dan Panthenol.

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif sedikit sulit untuk ditangani. kamu perlu menemukan produk yang memberi nutrisi pada kulit tanpa menimbulkan reaksi apa pun. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu cari yaitu Titanium dioxide Shea butter, Vitamin E, Asam hialuronat, ekstrak chamomile, dan ekstrak Jojoba.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading