Sukses

Beauty

23 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat dan flek hitam, masalah yang sering muncul pada kulit wajah ialah mata panda. Mata panda adalah lingkaran hitam yang ada dibawah mata dan membuat matamu terlihat lesu dan tidak segar. Bagi perempuan, tentu saja mata panda adalah kondisi yang akan menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara yang tepat dan efektif untuk mengantisipasinya. 

Namun, sebelum jauh membahas cara menghilangkan mata panda, alangkah baiknya jika kita mengetahui penyebab mata panda. Berikut bebetapa penyebab dari munculnya mata panda:

  1. Kurang tidur. Orang yang kurang tidur akan mengakibatkan memiliki lingkar hitam di bawah mata. Hal ini disebabkan darah tidak mengalir dengan baik. Sehingga darah terkumpul di bawah mata dan terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis.
  2. Faktor usia. Dengan bertambahnya usia, kulit akan menjadi tipis dan kehilangan elastisitasnya.
  3. Genetik. Genetik juga dapat menjadi penyebab mata panda. Selain itu, orang dengan kulit yang lebih gelap cenderung berisiko mengalami mata panda.
  4. Dehidrasi. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mata panda. Ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.
  5. Alergi. Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.
  6. Terlalu lama menatap layar. Terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone akan mengakibatkan ketegangan di area mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.
  7. Kebiasaan merokok dan minum alkohol. Tidak dimungkiri bahwa kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol dapat mengakibatkan mata panda. hal ini karena tumpukan cairan di dalam tubuh dan aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar. Sehingga berujung pada gelapnya area mata.
  8. Terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

 

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Setelah mengenal dan mengetahui penyebabnya, kini saatnya kamu mulai menggali informasi untuk menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat. Memang, banyak sekali cara yang ditawarkan di internet tapi kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam. Kamu nggak mau, kan?

Oleh karena itu cara alami menghilangkan mata panda bisa menjadi solusi.

Cara menghilangkan mata panda dengan kunyit

Kandungan dari kunyit yang berupa antibakteri dan mampu mencerahkan kulit nyatanya memang sangat membantu dalam usahanya menghilangkan mata panda. Caranya mudah, hanya perlu mencampurkan kunyit dan minyak almond kemudian dioleskan pada bawah mata. Cukup dua kali seminggu maka mata panda akan berangsur hilang.

Cara menghilangkan mata panda dengan teh hijau

Cara menghilangkan mata panda dengan teh hijau sudah banyak diketahui. Gunakan dua kantong teh bekas kamu minum dan masukkan ke dalam freezer. Kemudian tempelkan di masing-masing mata. Kandungan tannin dan astringent properties akan membantu mencegah pelebaran pembuluh darah di bawah mata.

Cara menghilangkan mata panda dengan mentimun

Mentimun cocok untuk orang berkulit sensitif. Kamu hanya perlu mengiris dan langsung taruh di bawah mata. Timun mengandung banyak antioksidan yang dapat mengobati lingkaran hitam dan memberikan kelembaban kulit.

Cara menghilangkan mata panda dengan tomat

Jangan salah, tomat terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan mata panda lantaran memiliki kandungan asam sitrat yang ringan dan lembut. Cukup letakkan irisan tomat di bawah mata hingga meresap. Setelah selesai, bersihkan dengan menggunakan air dingin.

Cara menghilangkan mata panda dengan air lemon

Lemon adalah zat pemutif alami kuat, ini juga berhasil mencerahkan kulit bawah mata. Peras setengah lemon dan gunakan bola kapas untuk diaplikasikan ke mata. Biarkan mengering lalu bersihkan.

Cara menghilangkan mata panda dengan kentang

Parutlah kentang dan gunakan bola kapas untuk menerapkan ke kantung mata. Setelah kering, bersihkan. Lakukan dalam dua kali seminggu. Kentang sangat kaya akan pati, enzim dan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit.

Cara menghilangkan mata panda dengan masker bengkoang

Masker bengkoang dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan kantung mata dan juga mengatasi kantong mata kendur. Parut bengkuang secukupnya lalu aplikasikan dimata kemudian bilas dan gunakan secara rutin.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Sendok

Meskipun terdengar aneh, tapi ini bisa sangat ampuh sebagai cara menghilangkan mata panda.

Caranya:

  1. Siapkan dua buah sendok makan.
  2. Masukkan dua buah sendok tadi ke dalam freezer. Diamkan hingga dingin.
  3. Setelah dingin, tempelkan bagian cembung sendok pada kelopak mata di bagian bawah.
  4. Diamkan beberapa saat lalu lakukan gerakan melingkar menggunakan sendok tersebut hingga rasa dingin sendok hilang.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Es Batu

Cara menghilangkan mata panda dengan es batu ini memiliki urutan yang hampir sama seperti sebelumnya. Kamu cukup membungkus es batu dengan kain bersih kemudian mengompresnya ke mata sekitar 10 menit.

Penggunaan es batu sangat ampuh dan terbukti untuk membantu menghilangkan mata panda. Es batu memiliki fungsi untuk mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan).

Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Cara menghilangkan kantung mata dan mata panda bisa kamu lakukan dengan beberapa bahan alami berikut ini. Tapi perlu diingat, untuk menghilangkan kantung mata cenderung lebih sulit karena lebih bersifat fisik. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang lebih banyak.

Cara menghilangkan mata panda dengan lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai banyak khasiat untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi pada lidah buaya dapat memberikan nutrisi dan menjaga kesehatan kulit.

Kamu dapat mengusapkan gel lidah buaya di bagian bawah mata yang hitam dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum tidur. Setelah itu membilas dan membersihkannya dengan air.

Cara menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun

Kandungan Vitamin E pada minyak zaitun dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput di daerah mata. Vitamin K juga dapat memproduksi kolagen dan mampu mengurangi lingkar hitam pada mata.

Caranya mudah saja, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun dibawah mata dan diamkan hingga menyerap ke kulit, pastikan sebelumnya kamu telah mencuci wajah dengan sabun muka dan air yang bersih. Diamkan hingga menyerap ke kulit lalu bilas hingga bersih pada keesokan harinya.

Cara menghilangkan mata panda dengan baby oil

Tenyata cara menghilangkan mata panda dengan baby oil sangat ampuh. Hal ini didukung oleh kandungan kimianya sangat sedikit dan bisa menutrisi kulit serta membuatnya lembut.

Caranya penggunaannya cukup praktis, kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes baby oil ke telapak tangan lalu oleskan secara lembut ke bagian kelopak. Pijat dengan lembut di daerah sekitar mata. Jika sudah, diamkan beberapa saat lalu bersihkan minyaknya menggunakan tissu. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu melakukannya secara rutin.

Cara menghilangkan mata panda dengan minyak kelapa

Kandungan Asam Laurat yang terdapat dalam minyak kelapa memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kantung mata. Cara pengaplikasiannya mudah saja, cukup usapkan minyak kelapa di area mata kemudian pijat perlahan lalu diamkan semalaman. Esoknya bilas menggunakan air hangat dan lihat hasilnya.

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami Lainnya

Bisakah menghilangkan mata panda dengan alami? Kenapa tidak? Cara-cara yang kami sajikan berikut ini akan membuat kamu dapat menghilangkan mata panda dengan cara alami.

Putih telur

Putih telur mengandung vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit. Berkat kandungan tersebut, putih telur dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata. Berikut cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan putih telur. Oleskan putih telur pada bagian mata yang menghitam. Biarkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

Sweet Almond Oil

Cara menghilangkan mata panda bisa dengan Minyak almond yang kaya akan vitamin E. Vitamin ini bertindak sebagai emolien untuk menjaga area bawah mata lembut dan lentur. Pijat dengan minyak almond di area bawah mata biarkan semalaman dan bersihkan esok hari. Ingat minyak almond manis, bukan pahit karena minyak almond pahit hanya digunakan dalam aromaterapi.

Madu

Madu bisa kamu andalkan untuk menghilangkan mata panda. Kamu bisa mengoleskannya langsung ke daerah mata. Diamkan lalu cuci muka setelahnya.

Selain itu, kamu juga mencampurnya dengan mentimun. Caranya blender mentium dan campur dengan madu 2 sdt. Oleskan ke bawah mata, diamkan, dan cuci muka setelahnya.

Kolaborasi madu dan pisang juga ampuh untuk menghilangkan mata panda. Cara penggunaannya adalah ambil 1 buah pisang, lembutkan, dan campur dengan madu. Oleskan ke daerah mata, diamkan 10 menit, dan cuci muka setelahnya.

Air Dingin

Air dingin pun menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi pembengkakan lada kelopak mata. Caranya hanya dengan mengompres mata menggunakan air dingin.

 

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Cepat

Jika kamu ingin proses yang tidak lama, maka ada alternatif lain yang bisa kamu pilih. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk menghilangkan mata panda secara instan. 

Perawatan dokter

Cara menghilangkan mata panda secara cepat dengan perawatan dokter memang terbukti ampuh. Hanya saja untuk jalan ini kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam. Beberapa perawatan di dokter yang bisa dilakukan untuk membantu menyamarkan garis hitam di bawah mata di antaranya:

  1. Chemical peeling untuk mengurangi pigmentasi.
  2. Laser untuk meregenerasi kulit dan mengencangkan kulit.
  3. Tato medis untuk menyuntikan pigmen tertentu ke area kulit yang menipis.
  4. Filler untuk menyembunyikan pembuluh darah dan melanin yang menyebabkan perubahan warna kulit di bawah mata.

Dokter mungkin akan menawarkan berbagai prosedur medis lainnya untuk membantu menghilangkan mata panda. Sebelum itu, tanyakan dulu secara mendetail kepada dokter terkait risiko dan efek samping yang mungkin terjadi setelahnya. Pastikan juga kalau Anda melakukan perawatan di dokter spesialis kulit profesional yang sudah berpengalaman.

Pakai Eye Cream yang Mengandung Vitamin K

Cara cepat berikutnya untuk menghilangkan mata panda secara cepat ialah dengan menggunakan eye cream yang mengandung vitamin K. Menurut Ahli Dermatologi, vitamin K memiliki peran yang penting dalam fungsi tubuh, termasuk pada area di bawah mata. Vitamin K ini dapat menghilangkan lingkar hitam di bawah mata alias mata panda. Bekerja dengan cara membekukan darah yang terkumpul di pembuluh-pembuluh kecil di bawah mata. 

Tutup dengan makeup

Cara cepat selanjutnya adalah dengan makeup. Dengan cara ini, mata panda seketika akan hilang. Kamu bisa menggunakan concealer dengan warna yang senada kulit. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menambahkan foundation dan bedak. Tapi pastikan produk kosmetik yang kamu pakai tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu, ya!

Hindari begadang

Sebisa mungkin kamu harus menghindari begadang jika memang tidak perlu. Tidurlah lebih awal. Idealnya, waktu tidur normal orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam per malam.

Tidur dengan posisi yang tepat

Posisi tidur ternyata memberikan efek yang menakjubkan untuk mata. Saat tidur, tinggikan kepala dengan menggunakan beberapa bantal agar cairan mata tidak menggenang di bawah mata dan menyebabkan bengkak.

tapi pastikan bantal yang kamu gunakan adalah bantal yang empuk dan nyaman ya. Hindari menggunakan bantal yang cenderung keras. Karena itu justru akan membuat leher kamu sakit.

Rajin Mengonsumsi Air Putih

Kamu juga perlu mengonsumsi banyak air putih setiap harinya karena cairan tubuh yang cukup akan membuat badan dan organ tubuh lainnya menajdi lebih sehat dan segar, termasuk mata dan daerah kelopak mata. Disarankan untuk mengonsumsi air putih 8 gelas sehari.

;
Loading