Sukses

Beauty

Ketiak Basah Bikin Tidak Percaya Diri? Coba Cara ini

Fimela.com, Jakarta Ketiak basah dapat menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jika aktivitas banyak dihabiskan di luar ruangan yang terpapar panas matahari. Panas matahari membuat tubuhmu mudah berkeringat dan menyebabkan ketiak menjadi basah dan membuat tidak leluasa bergerak karena merasa kurang nyaman dengan kondisi ketiak yang basah. Lalu bagaimana cara menjaga ketiak agar tetap kering dan segar sepanjang hari? Melansir dari healthline.com berikut cara menjaga ketiak agar tetap kering dan segar.

1. Jangan langsung berpaikan setelah mandi

Setelah mandi, tunggu beberapa menit sebelum kamu berpakaian. Ini sangat penting jika kamu mandi dengan air panas atau hidup di iklim yang panas dan lembap. Membiarkan tubuh menjadi dingin dan kering sebelum kamu mengenakan pakaian dapat membantu mencegah ketiak mudah berkeringat tepat setelah mandi.

2. Cukur ketiakmu

Mencukur ketiak dapat mengurangi keringat berlebih. Rambut bersifat lembap, begitupun rambut pada ketiak. Jika kamu sudah mengalami keringat dengan intensitas yang banyak di bawah lengan, mencukur adalah hal yang penting kamu lakukan. Jika kamu terus-menerus melawan bau badan di samping keringat, mencukur juga bisa membantu mengurangi atau menghilangkan bau yang disebabkan oleh ketiak yang basah. 

Solusi untuk meminimalisir ketiak yang basah

3. Hindari makanan yang memicu keringat

Makanan dengan kandungan serat rendah memaksa sistem pencernaan kamu untuk bekerja guna memecah makanan. Diet tinggi natrium berarti tubuh kamu akan mendetoksifikasi semua garam itu dalam bentuk air seni dan keringat berlebih. Dan makan-makanan yang tinggi lemak menyebabkan bagian dalam tubuh menjadi hangat saat tubuh kamu memproses lemak. Beberapa makanan dan minuman lain yang bisa memicu ketiak berkeringat diantaranya, bawang putih dan bawang merah, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, kafein, hidangan panas dan pedas, es krim, dan lain sebagainya.

4. Konsumsi banyak makanan yang mengurangi keringat

Beberapa makanan benar-benar dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh, dan menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif. Saat ingin mengurangi keringat melalui diet, penting untuk kamu agar fokus pada makanan yang tidak akan membebani sistem pencernaan. Beberapa makanan yang mampu mengurangi kadar keringat yang keluar diantaranya, air putih, makanan dengan kandungan kalsium tinggi (seperti produk susu dan keju), kacang almond, pisang, sayuran dan buah-buahan dengan kadar air tinggi (contohnya, semangka, anggur, blewah, brokoli, bayam, kembang kol, paprika, terong, kol merah), gandum, teh hijau.

5. Kenakan pakaian yang longgar

Mengenakan pakaian ketat terutama di bawah lengan dapat menyebabkan noda ketiak di baju. Pakaian yang ketat juga bisa membuat kamu lebih banyak berkeringat. Sebaliknya, coba kenakan pakaian yang longgar dan memberi ruang pada tubuh agar mudah bergerak dan membuat ketiak terasa sejuk, sehingga keringat pada ketiak akan terminimalisir.

(Iffa Nurahmah)

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Memutihkan Kulit Ketiak dengan 4 Bahan Alami
Artikel Selanjutnya
Cara Cepat Memutihkan Ketiak Hitam dan Perbaiki Tekstur Chicken Skin