Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Sudah Menghitam di Wajah

Fimela.com, Jakarta Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster, mayoritas dari manusia yang hidup di muka bumi ini pasti pernah terkena penyakit cacar air. Penyebaran virus cacar air ini bisa dibilang sangat cepat, bisa melalui udara dan juga air. Sayangnya, Penyakit cacar air ini menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Penyakit cacar air tidak hanya menyerang bagian tubuh saja, melainkan bagian yang sering terbuka yaitu wajah. Bekas yang ditimbulkan akibat cacar air ini menjadikan wajah terlihat bopeng dan menurunkan kepercaya dirian karena bekas yang mengganggu. Tapi jangan khawatir, berikut adalah cara menghilangkan cacar air.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Bekas luka akibat cacar air biasanya terjadi karena luka yang timbul akibat digaruk. Karena, ketika digaruk maka cacar air akan timbul luka dan bekas.

Jangan menggaruk

Jika tidak ingin menimbulkan bekas pada cacar air pada kulit, sebaiknya tidak menggaruk bagian yang terkena cacar air. Hal ini menyebabkan bekas yang berkepanjangan dan sulit hilang.

Masker oatmeal untuk menghilangkan bekas

Oatmeal juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar. Oatmeal bisa dicampur dengan air lemon, tomat, atau lidah buaya sebagai bahan campuran. Gunakan masker oatmeal sealam 15 menit setiap hari dan bandingkan hasilnya.

Madu

Antioksidan dan anti bakteri yang ada dalam madu sangat bagus untuk memperbaiki bekas luka akibat cacar air. Madu juga dapat menyembuhkan bekas luka dan membentuk jaringan kulit baru yang sehat. Cukup oleskan madu pada bagian tertentu dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

Cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang

Luka bekas cacar yang ada pada tubuh bisa jadi berlubang. Hal ini terjadi akibat infeksi yang berat pada bagian cacar yang meradang sehingga luka yang ditimbulkan lebih parah dari luka yang lain.

Cuka sari apel

Cuka sari apel terkenal bisa menghilangkan beruntusan diwajah alias memuluskan wajah. Selain itu, dapat pula menghilangkan bekas cacar yang berlubang pada kulit. Caranya cukup campurkan cuka dan air dengan bandingan 1/4 : 1, kemudian tempelkan pada kapas dan aplikasikan pada kulit secara rutin.

Kayu cendana dan air mawar

Cara menghilangkan bekas cacar selanjutnya yaitu dengan kayu cendana dan air mawar. Ramuan tradisional ini mampu menghilangkan bekas cacar dan juga menyejukkan kulit.

Buah mengkudu

Buah mengkudu atau dikenal dengan 'pace' ini merupakan buah dengan banyak khasiat. Sebagai cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang dari dalam, minumlah rebusan mengkudu segar yang dicampur dengan gula secara rutin.

Masker pepaya

Kaya akan vitamin E menjadikan pepaya sangat bagus digunakan sebagai penghilang bekas cacar yang berlubang. Cukup blender pepaya yang sudah matang kemudian balurkan ke bagian bekas cacar. Tunggu kering, kemudian bilas hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Sudah Menghitam

Bekas cacar air yang ada pada tubuh tak jarang juga menghitam. Pengobatan yang kurang maksimal saat luka meradang bisa jadi pemicu hitamnya bekas luka. Namun jangan khawatir, bekas menghitam akibat cacar bisa dihilangkan loh!

Air lemon

Air lemon banyak mengandung vitamin C yang mampu mempercerah kulit. Caranya cukup peras buah lemon kemudian ambil airnya dan usapkan ke kulit yang ada bekas cacar yang menghitam.

Masker tomat

Gunakan masker tomat untuk mempercerah bekas luka akibat cacar. Zat antioksidan serta vitamin C yang tinggi dalam tomat, dapat membantu mencerahkan bekas cacar yang menghitam. Penggunaanya, hancurkan tomat kemudian usapkan ke bagian bekas cacar dan tunggu sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

Gunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga baik digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar yang menghitam. Cukup mengoleskan gel lidah buaya pada anggota tubuh yang masih memiliki bekas cacar menghitam dan tunggu beberapa saat.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Wajah

Wajah merupakan bagian pertama yang tampak saat bertemu dengan orang lain. Bekas cacar yang ada pada wajah tentu sedikit mengganggu penampilan. Cara menghilangkan bekas cacar di wajah bisa dilakukan dengan gampang di rumah loh!

Rajin membersihkan wajah

Membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan jika ingin bekas cacar hilang di wajah. Karena kebersihan merupakan awal dari segala cara menghilangkan bekas cacar di wajah. Membersihkan wajah bisa menggunakan micellar water maupun milk cleanser.

Gunakan masker secara rutin

Penggunaan masker mampu menyamarkan bekas luka cacar pada wajah. Pilihan masker yang bisa digunakan yaitu masker bengkuang, sheetmask, maupun masker dengan kandungan whitening.

Jangan terlalu sering menggunakan make up

Menggunakan make up bisa memperparah bekas cacar di wajah. Karena bisa saja bekas luka tersebut malah terinfeksi dengan bermacam-macam make up yang digunakan.

Pakai pelembab wajah dan tabir surya secara rutin

Penggunaan pelembab wajah sangat penting untuk pemulihan bekas luka akibat cacar. Tentunya selain melembabkan wajah, pelembab dan tabir surya mampu mencerahkan serta melindungi wajah dari sinar Ultra Violet.

Gunakan air kelapa untuk masker

Kandungan mineral pada air kelapa sangat baik untuk menghilangkan bekas luka cacar. Selain sebagai masker, air kelapa juga bisa dicampur dengan air biasa untuk cuci muka.

Buat kamu yang memiliki masalah dengan bekas cacar, jangan khawatir ya! sekarang banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan bekas-bekas luka tersebut. Yuk langsung di coba, semoga membantu

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

 

 

Loading