Sukses

Beauty

Apakah Produk Perawatan Bayi dapat Bekerja pada Kulit Orang Dewasa?

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak menyukai aroma bayi? Memiliki aroma khas yang menenangkan, tak ayal membuat banyak orang kerap menggunakan produk-produk perawatan bayi hanya untuk memiliki aroma serupa seperti mereka. Diformulasikan khusus untuk kulit yang masih rentan dan sensitif, produk bayi kerap memiliki tekstur lembut, tidak pedih di mata, dan melembapkan. Sebut saja sabun mandi, sampo, baby oil, hingga losion yang mungkin salah satu di antaranya pernah atau sedang kamu gunakan saat ini. Di balik aromanya yang lembut, pernahkah kamu berpikir 'apakah sebenarnya produk-produk perawatan bayi dapat bekerja di kulit orang dewasa'?

Kulit Bayi yang Masih Rentan

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki kulit lebih tipis. Meski mampu mempertahankan kelembapan lebih banyak, di saat yang bersamaan, kulit mereka juga rentan terhadap kehilangan kadar air yang menyebabkan kulit kering atau ruam. Setiap harinya, kulit bayi akan mengalami pertumbuhan, sehingga mudah teriritasi oleh hal-hal kecil. Iritasi kulit yang diderita bayi dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, seperti cuaca dingin, gesekan pada bahan pakaian, atau gosokan yang terlalu kuat saat memandikannya. Hal ini disebabkan karena epidermis kulit bayi jauh lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga kotoran dan bakteri dapat dengan mudah menembus penghalang kulit bayi yang belum mampu bekerja secara optimal.

Baca Juga: Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Perlu Diketahui Setiap Ibu Muda

Kulit Orang Dewasa yang Sudah Terpapar Polutan

Lapisan teratas pada kulit bayi adalah epidermis yang juga tidak menempel pada lapisan di bawahnya, yaitu dermis. Berbeda dengan bayi, kedua lapisan tersebut pada orang dewasa tertutup dengan rapat, sehingga mampu membuat pertahanan pada kulit. Seiring berjalannya waktu, kulit orang dewasa terpapar oleh banyak hal, seperti udara, perubahan lingkungan, atau bahan kimia yang cenderung berdampak buruk pada kulit. Belum lagi perbedaan jenis kulit yang mana membutuhkan produk perawatan kulit khusus yang mengandung kandungan tertentu untuk merawat kulit agar tetap sehat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa orang dewasa membutuhkan produk perawatan kulit yang lebih spesifik, alih-alih menggunakan produk bayi yang cenderung lembut.

Penggunaan Produk Perawatan Bayi pada Kulit Orang Dewasa Menurut Pakar

Jadi, apakah penggunaan produk bayi pada kulit orang dewasa dapat bekerja secara efektif? Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Srie Prihianti, menjelaskan bahwa semua produk telah didesain sesuai dengan kebutuhan kulit. "Bukannya tidak boleh menggunakan produk bayi, tetapi kan kulit bayi dan orang dewasa berbeda. Kalau orang dewasa menggunakan produk bayi, jadinya tidak berdampak apa-apa," jelasnya. Alhasil, kinerja produk bayi menjadi tidak dapat bekerja secara efisien pada kulit orang dewasa. Misalnya, produk bayi tidak didesain untuk kulit yang berminyak, sehingga ia tidak mampu mengangkat minyak dan kulit mati pada kulit. Pesannya, "Pakailah produk yang sesuai dengan usia, karena pasti sudah didesain secara baik serta dilkamusi dengan berbagai penelitian." Ia juga menambahkan, tentang penggunaan sabun antiseptik yang sebaiknya tidak digunakan setiap hari. "Penggunaan sabun antiseptik secara terus menerus dapat mengganggu microbiome pada kulit. Oleh karena itu, gunakanlah sabun antiseptik saat kulit mengalami infeksi saja."

Baca Juga: Produk perempuan Dipakai Pria, Kenapa Tidak?

***

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Langkah untuk Mendapatkan Riasan Mata Watercolor
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Skincare Berkandungan Blueberry