Sukses

Beauty

Cara Membersihkan Wajah Berminyak dan Kusam Secara Alami dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah bersih bebas minyak dan tidak kusam adalah dambaan sebagian besar wanita. Kulit wajah yang bersih akan membuat tampilan kamu jadi lebih menarik. Tak heran, banyak orang khususnya wanita berlomba-lomba untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, tidak kusam, dan bebas dari minyak.

Kulit wajah berminyak dan kusam sering dirasa mengganggu, karena menimbulkan berbagai keluhan. Tidak hanya membuat wajah terlihat mengkilap, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Sedangkan, kulit kusam membuat tampilanmu tidak maksimal. Faktor gaya hidup yang tidak sehat serta jarang membersihkan wajah menjadi pemicu wajah berminyak dan kusam.

Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Mencuci wajah adalah salah satu cara untuk membersihkan wajah yang dapat kamu lakukan setiap hari di rumah. Tujuan dari muncuci muka adalah membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel pada wajah.

Meskipun simple, tapi ada beberapa tahapan cara membersihkan wajah dengan mencuci muka yang harus kamu lakukan dengan benar. Cara berikut juga dapat kamu terapkan pada sebagai cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur.

Bersihkan makeup

Langsung mencuci muka selesai beraktifitas, tidak cukup untuk membersihkan wajahmu. Membersihkan wajah yang benar adalah menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan makeup remover. Makeup remover dapat mengangkat sisa sisa makeup dan debu yang menempel pada wajah. 

Mencuci muka dengan air hangat

Gunakan air hangat untuk mencuci muka agar pori-pori terbuka. Jika pori-pori terbuka maka kotoran yang menyumbat pori-pori pun akan ikut terangkat.

Memilih sabun muka yang sesuai

Pilihlah sabun muka yang sesuai pada wajahmu. Hal ini penting diketahui agar wajah tetap terawat dengan baik.

Bilas wajah

Bilas wajah sampai bersih agar tidak ada sisa-sisa sabun maupun kotoran pada wajah.

Pakai handuk bersih

Keringkan wajah yang sudah dicuci dengan handuk bersih. Hindari penggunaan handuk yang berulang-ulang karena bakteri dapat tertumpuk pada handuk yang sudah dipakai.

 

Cara Membersihkan Wajah Secara Alami

Membuat wajah kamu bersih tidak harus menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia. Bahan kimia bisa saja menimbulkan reaksi buruk pada kulitmu, terlebih jika kulitmu sensitif. Berikut cara membersihkan wajah secara alami.

Cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu membersihkan wajah secara alami. Selain itu jeruk nipis dapat mencegah jerawat serta menghilangkan bekasnya, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit jadi lebih halus.

Caranya cukup mudah:

  1. siapkan 2-3 jeruk nipis
  2. belah jadi 2 bagian
  3. peras dengan saringan
  4. oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
  5. biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara membersihkan wajah dengan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, beta karoten, dan lemak tak jenuh. Berbagai vitamin dalam minyak zaitun dapat menjadi cara membersihkan wajah secara alami serta dapat sekaligus menutrisi wajahmu.

Cara membersihkan wajah dengan kentang

Kandungan alami zat tepung dan enzim di dalam kentang berfungsi untuk membersihkan wajah serta mengurangi pigmentasi pada wajah.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dengan kentang:

  1. potong kentang tipis tipis
  2. letakkan potongan kentang di permukaan kulit yang terdapat flek hitam
  3. diamkan 10 menit, lalu bilas.

Cara Membersihkan Wajah Berminyak dan Kusam

Melakukan double cleansing pada wajah

Cara membersihkan wajah berminyak dan kusam adalah dengan melakukan double cleansing pada wajah. Double cleansing berarti dua kali pembersihan. Double cleansing akan membersihkan pori-pori yang tersumbat pada wajah.

Cara yang perlu dilakukan, yaitu kamu harus membersihkan wajah dengan pembersih make up sebelum mencuci muka. Double cleansing yang rutin dilakukan akan membuat kulit wajah bersih dan berseri.

Menggunakan pelembab yang cocok

Pelembab merupakan produk perawatan wajah yang hampir setiap hari digunakan. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan wajah berminyak, seperti yang mengandung tea tree oil atau lemon. Dengan begitu, wajah akan terbebas dari minyak dan bersih berseri.

Menggunakan toner yang tepat

Memiliki kondisi wajah yang berminyak, tentu membuatmu harus ekstra perhatian pada wajahmu agar kondisinya tetap bersih. Salah satu cara merawat wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan toner wajah. Pemilihan toner pun tidak boleh sembarangan, karena jika tidak cocok justru akan menimbulkan masalah baru pada kulitmu.

Cara Membersihkan Flek Hitam Di Wajah

Flek hitam di wajah merupakan melanin yang susah untuk dihilangkan. Tidak jarang kita bingung bagaimana cara membersihkan flek hitam di wajah yang membandel ini. Tapi, tenang, kami akan memberikan cara membersihkan flek hitam di wajah kamu.

Putih telur

Selain bisa dijadikan bahan makanan, putih telur juga sebagai cara membersihkan flek hitam di wajah. Penggunaannya bisa dengan dijadikan masker. Jika dirasa terlalu amis, bisa juga ditambahkan dengan madu atau jeruk nipis.

Oatmeal

Kandungan saponin yang terdapat dalam oatmeal berfungsi membuang sel kulit mati sekaligus mempercerah kulit wajah dengan cepat.

Cara membuatnya cukup mudah:

  1. haluskan oatmeal
  2. campur dengan jus lemon atau madu
  3. oleskan pada wajah
  4. diamkan sampai kering, lalu bilas.

Baking soda

Baking soda yang biasa digunakan untuk bahan membuat kue, ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Cara membuat masker dari baking soda:

  1. campur baking soda dengan sedikit air sampai jadi pasta
  2. oleskan pada wajah
  3. diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Simpel Tapi Sering Diabaikan
Artikel Selanjutnya
Kelebihan Serta Kekurangan Cleansing Oil dan Cleansing Balm