Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Kulit Kapalan di Tangan dan Kaki dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Kapalan atau callus adalah penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yan berlebih. Kapalan muncul sebagai bentuk reaksi tubuh untuk melindungi bagian kulit yang sensitif.

Kapalan seringkali muncul pada kaki dan tangan, yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Berikut kami bagikan cara menghilangkan kapalan dengan cepat secara alami.

Cara Menghilangkan Kulit Kapalan

Kapalan ditandai dengan kulit yang menebal dan kasar. Kapalan adalah cara perlindungan kulit agar tak terjadi luka dan lepuh saat terjadi gesekan berlebih. Berikut adalah tips cara menghilangkan kulit kapalan.

Hilangkan lapisan kulit keras secara perlahan

Salah satu cara menghilangkan kapalan di kulit yakni dengan mengikis lapisan kulit yang keras secara perlahan. Gunakan kain lap kasar, batu apung, papan amril atau kikir kuku untuk mengikis dan mengangkat lapisan kulit yang mengeras.

Menggunakan produk mengandung asam salisilat

Asam salisilat biasanya terkandung pada krim, plester, atau pad yang bisa langsung digunakan pada kulit, sehingga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kapalan di kulit. Saat produk tersebut digunakan, kulit yang kapalan akan menjadi putih dan lebih mudah disingkirkan.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

Kulit tangan yang terus mengalami gesekan dan tekanan, kelamaan akan mengalami iritasi bahkan akan memicu pembentukan kapalan. Meskipun tidak menyakitkan, namun bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut kami rekomendasikan cara menghilangkan kapalan di tangan.

Merendam tangan dalam larutan garam epsom

Garam epsom adalah eksfoliator alami yang berguna membuang sel-sel kulit mati, sehingga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kapalan di tangan. Campurkan 2-3 sendok makan garam epsom dalam satu baskom air hangat, lalu rendamlah tangan didalamnya.

Merendam tangan dengan air hangat

Cara menghilangkan kapalan di tangan yakni dengan merendam tangan menggunakan air hangat. Siapkan air hangat dalam baskom dan rendam tangan selama 10 menit. Lalu keringkan tangan dengan handuk, dan gosoklah kulit yang menebal secara perlahan. Ulangi sampai kapalan menghilang seluruhnya.

Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil bisa menjadi bahan yang dicampurkan dalam rendaman air hangat sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dalam air hangat, dan rendam tangan beberapa menit.

 

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Kapalan sering terjadi pada kamu yang aktif dalam keseharian. Bagian kulit kaki yang kapalan akan berwarna kekuningan dan menjadi kurang sensitif. Berikut adalah cara menghilangkan kapalan di kaki.

Rendam kaki dalam air hangat

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang sangat mudah dilakukan yakni dengan merendam kaki dalam air hangat. Lakukan cara ini selama 10 menit, selanjutnya gosok secara perlahan untuk mengikis kulit yang kapalan.

Gunakan bantalan sepatu

Penggunaan bantalan sepatu bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kapalan di kaki. Bantalan sepatu tidak hanya melindungi kulit kapalan dari tekanan, namun juga mencegah kapalan muncul kembali.

Oleskan pelembab pada bagian kulit yang kapalan

Selain merendam kaki di air hangat, mengoleskan pelembab bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kapalan di kaki. Pilihlah pelembab yang mengandung asam salisilat dan urea untuk melembutkan dan mengikis kulit kapalan.

Cara Menghilangkan Kapalan secara Alami

Kapalan tidak melulu bisa dihilangkan dengan cara direndam pada air hangat, kamu bisa juga menerapkan cara menghilangkan kapalan secara alami. Yuk, simak selengkapnya.

Rendam dengan minyak jarak

Minyak jarak bisa digunakan menjadi cara menghilangkan kapalan secara alami. Cukup dengan merendam kulit yang kapalan pada minyak jarak beberapa menit setiap hari maka kulit yang mengeras akan segera melunak.

Olesi ramuan bawang putih dan cuka

Cara menghilangkan kapalan secara alami yakni dengan mencampurkan bawang putih dan cuka dalam sebuah mangkuk, lalu oleskan pada kulit kapalan sebelum tidur.

Olesi minyak vitamin A atau vitamin E

Salah satu cara menghilangkan kapalan secara alami yakni dengan mengoleskan minyak vitamin A atau E. Setelah diolesi, bungkus kaki dengan kaus kaki. Biarkan minyak terserap dan membuat kulit kapalan melunak dan menghilang.

Tempeli kulit lemon

Kulit lemon bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kapalan secara alami. Tempelkan kulit lemon pada kulit yang kapalan, kamu bisa mengunakan plester agar kulit lemon tidak jatuh.

Cara Menghilangkan Kapalan dengan Cepat

Kapalan ternyata bisa dihilangkan dengan cepat asalkan kamu telaten melakukan perawatan. Yuk, simak cara menghilangkan kapalan dengan cepat berikut ini.

Teh chamomile

Salah satu cara menghilangkan kapalan dengan cepat yakni menggunakan teh chamomile. Gunakan teh chamomile untuk merendam bagian kulit yang kapalan kira-kira 15-25 menit. Selama proses perendaman, noda membandel akan keluar, selanjutnya cuci dengan air bersih.

Kopi dan minyak zaitun

Cara menghilangkan kapalan dengan cepat yakni menggunakan kopi dan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut dan buatlah menjadi lulur scrub, tanpa menambahkan air. Simpanlah dalam wadah dan gunakan kapan saja.

Air lemon dan cengkeh

Perpaduan air lemon dan cengkeh bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kapalan dengan cepat. Siapkan air lemon, lalu rendam cengkeh di dalamnya kira-kira 15-20 menit. Keluarkan cengkeh, lalu oleskan ramuan tersebut pada kulit yang kapalan. Lakukan perlahan dan secara rutin.

Baking soda

Baking soda yang dicampurkan dengan air hangat bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kapalan dengan cepat. Gunakan campuran baking soda dan air hangat untuk merendam bagian tubuh yang kapalan selama 15 menit. Gosok lembut dengan batu apung untuk mengikis kulit yang kapalan.

Kulit nanas

Kulit nanas bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan kapalan dengan cepat. Rendam kulit nanas menggunakan air hangat selama 15 menit. Kemudian, ambil kulit nanas yang sudah lunak, tempelkan pada kulit yang kapalan. Diamkan semalaman dan lepaskan keesokan harinya. Lakukan secara rutin agar kapalan segera menghilang.

 

Ada berbagai bahan dan cara menghilangkan kapalan yang bisa kamu coba. Semoga berhasil.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading