Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya di Dahi secara Alami dan Cepat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering kali terjadi pada semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Jerawat yang muncul biasanya berbentuk benjolan berwarna merah. Masalah ini tentunya membuat jengkel dan menyebabkan kepercayaan diri pun menurun.

Ada banyak sekali jenis-jenis jerawat. Salah satu yang paling mengganggu adalah jerawat pasir atau biasa juga dikenal dengan istilah beruntusan. Jerawat ini sebenarnya sama dengan jerawat biasa, hanya bedanya berukuran lebih kecil dan berisi nanah atau lemak serta kotoran. Selain itu jerawat pasir biasanya muncul secara bergerombol. Apakah kamu juga mempunyai jerawat pasir? Kalau iya, berikut kami berikan cara menghilangkan jerawat pasir yang bisa kamu coba.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir di Jidat

Jerawat pasir disebabkan oleh bermacam-macam faktor, seperti penumpukan kotoran di pori-pori wajah yang kemudian meradang. Penumpukan kotoran ini akibat kurang menjaga kebersihan. Maka tak jarang jika jerawat pasir sering muncul di daerah jidat atau dahi. Hal ini dikarenakan jidat/dahi termasuk T zone, yaitu bagian wajah yang produksi minyak jauh lebih besar dibandingkan bagian lainnya.

Membersihkan sisa make up

Sisa-sisa makeup yang menempel di wajahmu yang sudah bercampur dengan minyak alami kulit dapat menyumbat pori-pori wajah. Maka dari itu, kamu harus rajin membersihkan sisa make up agar jerawat pasir tidak muncul.

Keramas teratur

Jarang keramas membuat rambut dan kulit kepala memproduksi minyak bercampur kotoran yang berlebih, sehingga menyebabkan jidatmu terkena jerawat pasir. Kami sarankan untuk keramas secara teratur minimal 3 kali seminggu sebagai cara menghilangkan jerawat pasir di jidat.

Jangan sering menyentuh wajah

Tanpa kita sadari, di tangan kita terdapat banyak bakteri dan kuman dari berbagai barang yang kita pegang atau sentuh. Jika tangan menyentuh wajah, maka bakteri dan kuman tersebut dapat menimbulkan jerawat pasir. Oleh karena itu, sebelum menyentuh wajah, kami sarankan untuk mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya

Jerawat pasir tentunya akan meninggalkan bekas jerawat yang juga akan mengganggu penampilanmu. Namun, jangan khawatir, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya.

Baking soda

Cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya, salah satunya adalah dengan baking soda. Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub.

Berikut cara membuatnya:

  1. siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya
  2. campurkan hingga mengental
  3. oleskan pada area bekas jerawat sambil dipijat
  4. diamkan selama 2 menit
  5. basuh wajah dengan air hangat.

Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya, adalah sebagai berikut:

  1. iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat
  2. biarkan selama 10 menit
  3. cuci wajah dengan air bersih.
  4. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Madu

Salah satu cara lain yang kamu coba untuk menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya adalah dengan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya adalah sebagai berikut:

  1. siapkan madu murni
  2. oleskan pada bekas jerawat
  3. biarkan hingga madu mengering
  4. bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Cepat

Produk kecantikan yang tidak cocok, hormon yang bermasalah, makan-makanan berminyak, dan kebersihan wajah yang kurang diperhatikan dapat memicu timbulnya jerawat pasir. Inilah mengapa jerawat pasir harus cepat segera ditangani.

Cara menghilangkan jerawat pasir menggunakan es batu

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Rasa sejuk dari es dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pasir yang meradang.

Caranya cukup mudah:

  1. bungkus beberapa buah es batu dengan handuk
  2. tempelkan pada kulit yang berjerawat
  3. diamkan beberapa menit 
  4. ulangi sampai kemerahan berkurang.

Cara menghilangkan jerawat pasir menggunakan tomat

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dapat juga dengan menggunakan Tomat. Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara menghilangkan jerawat pasir menggunakan tomat adalah sebagai berikut:

  1. pilih buah tomat yang segar dan sudah matang
  2. haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur
  3. setelah halus, ambil bubur tomat tadi dan aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata
  4. biarkan masker tomat di wajah hingga mengering, kurang lebih selama 1 jam
  5. setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Cara menghilangkan jerawat pasir menggunakan putih telur

Kandungan enzim lysozome di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Cara membuatnya pun mudah:

  1. siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya
  2. kocok putih telur hingga mengembang
  3. oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya
  4. biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Pasir

Jika kamu mengalami jerawat pasir, tak usah terburu buru pergi ke dokter atau membeli obat di apotek. Bahan-bahan alami yang sering kamu temui pun bisa menjadi cara menghilangkan jerawat pasir yang kamu alami. Tentunya harga bahan-bahan ini juga lebih terjangkau.

Lidah buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E dapat menjadi cara menghilangkan jerawat pasir secara alami. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker lalu biarkan mengering dan bilas dengan air.

Cuka apel

Pastinya sudah tidak asing dengan cuka apel. Ya benar adanya bahwa cuka apel dapat mencegah timbulnya jerawat. Cukup teteskan cuka apel pada kapas secukupnya, lalu gunakan seperti memakai toner.

Jeruk nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu menghilangkan jerawat pasir.

Caranya cukup mudah:

  1. siapkan 2-3 jeruk nipis
  2. belah jadi 2 bagian
  3. peras dengan saringan
  4. oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
  5. biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Penyebab Jerawat Pasir

Jerawat pasir disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, yang tersumbat oleh debu kotoran, minyak dan bakteri. Pori-pori yang tersumbat kotoran, akan membuat wajah menghasilkan minyak berlebih. Kemudian jerawat pasir akan menyebar kebeberapa bagian wajah.

Jerawat pasir juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti hormon, stress dan kebiasaan menyentuh wajah. Hormon yang tinggi dapat merangsang produksi minyak dikulit lebih banyak. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada saat menstruasi, hamil atau menopause.

Stres juga bisa memicu timbulnya jerawat pasir, karena insulin dalam tubuh akan meningkat dan menimbulkan jerawat. Sering menyentuh wajah akan membuat kuman dan kotoran yang ada di tangan, dapat menyebar ke wajah, lalu menyebabkan jerawat. Pada saat menggunakan riasan wajah, harus segera dibersihkan. Sisa-sisa kosmetik akan menempel pada wajah, kemudian bercampur dengan minyak kulit, dan menyumbat pori-pori wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading