Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Sunburned Lips yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Melembapkan saja tidak cukup, kamu juga perlu memberikan perawatan pada bibir sebagai salah satu area yang sensitif dan rentan mengalami masalah. Seperti area kulit yang lain, bibir juga rentan terhadap bahaya paparan sinar matahari dan bisa terbakar atau sunburned lips . Bagaimana kondisi sunburn pada bibir dan cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Sunburned Lips?

Tidak hanya kulit wajah saja, bibir juga perlu dilindungi dari paparan sinar UV. Seiring bertambahnya usia, kulit bibir semakin tipis. Jika tidak diberi perlindungan, warna bibir bisa tampak menggelap, bahkan dalam tingkat kronis bisa menimbulkan kanker kulit. Saat terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan, ternyata tak hanya kulit tubuh dan wajah saja yang rentan mengalami terbakar sinar UV. Bibir juga rentan mengalaminya, karena area tersebut juga salah satu area yang cukup sensitif.

Sunburned lips atau yang bisa disebut juga dengan solar cheilitis atau actinic cheilitis, adalah sebuah kondisi yang sering atau banyak dialami oleh bibir atas yang lebih banyak terkena paparan sinar matahari. Penyebab kondisi sunburned lips yang paling utama adalah tidak memberikan perlindungan yang tepat pada bibir saat terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tanda-tanda sunburned lips

Siapa saja bisa mengalami sunburned lips, apalagi bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Beberapa tanda yang muncul ketika bubur mengalami sunburn adalah seperti:

  • Warna bibir menggelap
  • Rasa tertarik
  • Kemerahan
  • Perih bila dipegang
  • Kering hingga pecah-pecah
  • Mengelupas hingga berdarah

Penanganan dan pencegahan yang dapat dilakukan

Apabila tanda-tanda tersebut sudah muncul, sebaiknya hindari penggunaan produk lip care yang memiliki kandungan yang dapat memicu kondisinya menjadi semakin parah. Seorang pakar bernama Adena Rosenblatt, M.D., Ph.D, pediatric dermatologist di The University of Chicago Comer Children’s Hospital, mengungkapkan kamu bisa menggunakan pelembap bibir dengan kandungan Shea Butter, Castor Seed Oil, Beeswax, Vitamin E, Coconut Oil atau Almond Oil. Debra M. Langlois, M.D., seorang asisten profesor di University of Michigan menyarankan untuk lebih banyak meminum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dari dalam. Hal tersebut akan membantu proses pemulihan sunburned lips.

Selain perlu rutin melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah bibir menjadi kering, kamu juga perlu mengaplikasikan lip balm untuk menjaga bibir senantiasa sehat dan lembap. Lebih dari itu, coba pertimbangkan untuk mulai memilih produk lip balm yang mengandung SPF. Tak hanya dapat membantu menutrisi serta menjaga kelembapan kulit pada bibir, lip balm dengan kandungan SPF dapat memberikan perlindungan terhadap bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kulit bibir mengalami beberapa tkamu-tkamu yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: Rekomendasi Lip Balm dengan SPF untuk Lindungi Bibir dari Sinar UV

Dr Langlois juga menyarankan untuk sementara waktu hindari beraktivitas di luar ruangan hingga kondisi membaik terlebih dahulu. Bila perawatan dan penanganan yang kamu lakukan tak kunjung memberikan hasil, itu tkamunya kamu perlu berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang tepat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Pilihan Parfum Aroma Citrus Bagi Penyuka Wewangian Segar
Artikel Selanjutnya
Alasan Retinol Merupakan Kandungan Skincare yang Istimewa