Sukses

Beauty

Benarkah Memakai Lipstik Setiap Hari Menyebabkan Bibir Gelap?

Fimela.com, Jakarta Bagi kebanyakan perempuan, lipstik mungkin sudah menjadi produk wajib setiap hari. Baik berupa lipstik matte, lip gloss, lip stain, lip mousse, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang memiliki warna bibir gelap, mungkin lipstik juga turut menjadi penyelamat warna bibir agar tampak lebih cerah.

Eits, tapi seringkali disebutkan pula bahwa salah satu cara untuk merawat bibir agar tampak lebih cerah adalah dengan mengurangi pemakaian lipstik. Jadi, apakah menggunakan lipstik setiap hari menjadi penyebab bibir menggelap? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Apakah lipstik menyebabkan bibir gelap?

Menurut hasil wawancara Beauty Journal dengan dr. Shinta Damayanti, SpKK di Erha Dermatology, bibir yang menggelap (bukan gelap karena genetik) biasanya dimulai karena iritasi.

Nah, iritasi ini bisa disebabkan salah satunya oleh penggunaan lipstik dengan formula yang kurang cocok. Salah satu riset di tahun 2013 juga menyatakan bahwa terdapat kandungan metal yang cukup tinggi dalam formula lipstik yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, dr. Shinta menyebutkan bahwa solusinya adalah menemukan lipstik dengan formula yang tepat. Ia menambahkan, biasanya lipstik yang moist atau creamy lebih minim risiko iritasinya jika dibandingkan dengan lipstik matte.

"Apabila bibir menggelap karena lipstik lalu penggunaannya dihentikan, jangan khawatir karena warna bibir dapat kembali seperti semula. Namun kalau penggunaan diteruskan ya akan tetap gelap,” jelas dr. Shinta.

Selain karena genetik dan iritasi akibat penggunaan lipstik, warna bibir yang menggelap juga bisa disebabkan oleh gaya hidup, seperti kebiasaan merokok dan pola makan kurang sehat.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga yang Bisa Menjadi Penyebab Bibir Gelap

Bagaimana cara mengatasi bibir yang sudah terlanjur menggelap?

dr. Shinta menuturkan bahwa kandungan yang perlu kamu cari untuk mencerahkan bibir adalah vitamin, terutama vitamin E dan vitamin C.

Nah, untungnya, kedua kandungan ini dapat dengan mudah kamu temukan dalam berbagai produk perawatan bibir. Beberapa opsi yang bisa kamu coba adalah Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition Balm, Nivea Lip Care, dan Uriage Moisturizing Lipstick.

Selain itu, kamu juga bisa merawat dan menjaga kondisi bibir agar tampak lebih cerah dengan menggunakan produk perawatan bibir lainnya. Sebagai referensi yang lebih lengkap, kamu bisa langsung cek artikel Beauty Journal di bawah, ya:

  • 7 Produk untuk Bantu Cerahkan Bibir Gelap agar Kembali Pink Merona di Bawah Rp75.000
  • Rawat Bibir kamu dengan 5 Produk Lip Scrub di Bawah Rp100 Ribu Berikut
  • Rekomendasi Lip Balm dengan SPF untuk Lindungi Bibir dari Sinar UV

Baca juga: Pilihan Lip Balm Berwarna dari Brand Lokal untuk Mempercantik Sekaligus Melembapkan Bibir

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Pilihan Parfum Aroma Citrus Bagi Penyuka Wewangian Segar
Artikel Selanjutnya
Alasan Retinol Merupakan Kandungan Skincare yang Istimewa