Sukses

Beauty

3 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Area Kulit

Fimela.com, Jakarta Flek hitam atau hiperpigmentasi terjadi pada kulit ketika beberapa area kulit memproduksi melanin secara berlebihan.  Masalah kulit ini terjadi karana paparan sinar matahari, usia, atau lebih umum dari peradangan kulit sebelumnya.  

Bercak gelap sebenarnya tak perlu dikhawatirkan dan diobati. Nah, dilansir dari womendailymagazine, berikut beberapa perawatan untuk menghilangkan flek hitam pada kulit. 

1. Perawatan medis

Ketika datang ke dokter kulit, ia mungkin menawarkan perawatan krim atau perawatan.  Tujuan utamanya adalah untuk mencerahkan area kulit yang lebih gelap atau terkadang menghilangkannya sepenuhnya.

Memang, prosedur perawatan jauh lebih mahal daripada krim dan lebih cenderung menyebabkan efek samping.  Namun, mereka dapat membawa hasil yang lebih cepat dan lebih signifikan.  Beberapa perawatan yang paling umum digunakan adalah laser, mikrodermabrasi, pengelupasan kimia, cryotherapy.

Perhatikan bahwa perawatan ini hanya dilakukan di pusat medis tepercaya dan oleh dokter yang berkualifikasi.  Dan merawat kulit  dengan baik setelah perawatan sangat penting untuk mengurangi efek samping.

Sedangkan untuk krim, tergantung pada ukuran dan penyebab bintik-bintik gelap,  dapat menggunakan krim pemutih kulit yang diresepkan.  Krim ini dapat mencerahkan area kulit yang lebih gelap dan mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata.

Namun, mungkin butuh beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk flek gelap memudar.

2. Perawatan rumahan

Alih-alih pergi ke klinik, banyak orang menemukan pengobatan rumah yang efektif untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit mereka.

Beberapa orang percaya bahwa solusi alami dapat secara efektif menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit.  Obat yang paling populer termasuk: jus kentang, lidah buaya, jus lemon, minyak kelapa. 

Namun, tidak ada bukti bahwa perawatan alami ini dapat menghilangkan bercak-bercak hitam pada kulit.  Beberapa dari mereka bahkan dapat menyebabkan masalah kulit jika terlalu sering digunakan.  Tetapi jika orang menggunakannya dengan hemat, mereka mungkin merupakan tambahan yang baik untuk perawatan lain.

3. Krim tanpa resep

Tidak sekuat krim resep, krim yang dijual bebas dapat bekerja dengan beberapa jenis bintik hitam tertentu.

Krim dan serum mengandung bahan pencerah yang efektif dapat mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata.  Mereka mungkin mempercepat pengelupasan kulit serta meningkatkan pertumbuhan kulit baru.  Vitamin C dalam krim dapat melindungi dari kerusakan sinar matahari dan juga mengurangi pembentukan melanin.

 

 

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Kandungan Skincare yang Perlu Dicari untuk Samarkan Flek Hitam
Artikel Selanjutnya
12 Cara Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat di Wajah Secara Alami dalam Waktu Singkat