Sukses

Beauty

Tips Merawat Kesehatan Rambut Sebelum dan Sesudah Berenang

ringkasan

  • Mengepang atau menguncir rambut
  • Pastikan rambut terlindungi
  • Gunakan kondisioner

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa bulan ini, apakah kamu merasa cuaca begitu panas? Tidak dapat dipungkiri, panasnya udara di luar membuat kamu kerap membayangkan hal-hal yang menyegarkan. Tentunya selain meneguk minuman yang segar, berenang juga dapat menjadi alternatif untuk meredakan hawa panas.

Nah, bagi yang hobi berenang, apakah sering merasakan rambut yang lebih kering dan kusut seusai berenang? Perlu diketahui, air di dalam kolam renang mengandung bahan kimia, klorin, yang ternyata bisa merusak rambut. Maka itu, tidak hanya menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, perawatan rambut sebelum dan sesudah berenang juga tak kalah penting, lho!

Sebelum menyeburkan diri ke dalam kolam renang, yuk lakukan hal berikut ini!

Mengepang atau menguncir rambut

Masalah yang kerap dihadapi oleh para perempuan saat berenang adalah rambut kusut, terlebih lagi jika memiliki rambut panjang. Oleh karena itu, sebaiknya kepang atau kuncir rambut kamu sebelum berenang guna menjaga rambut tetap rapi dan tidak kusut. Atau, kamu juga bisa mengenakan penutup kepala supaya rambut tidak tercemar air kolam yang dapat merusak kesehatan rambut.

Pastikan rambut terlindungi

Jika berenang di kolam yang telah diklorinasi, sebaiknya bilas rambut terlebih dahulu sebelum berenang. Dengan melakukan hal ini, rambut akan terlapisi dengan air yang tidak mengandung klorin, sehingga membantu melindungi helai rambut dari terserapnya bahan-bahan kimia.

Gunakan minyak kelapa

Khasiat minyak kelapa pada rambut sudah tidak perlu diragukan lagi. Agar rambut tidak kering setelah berenang, oleskan sedikit minyak kelapa, terutama pada bagian ujung rambut, sebelum membasahi rambut dengan air. Minyak kelapa dapat membentuk lapisan pelindung yang menjaga rambut dari bahan kimia yang ada pada air kolam renang.

Setelah melakukan salah satu tips tersebut, kamu sebaiknya melakukan tips berikut ini sesudah berenang.

Membilas rambut

Sebaiknya jangan pernah menunda keramas setelah berenang karena hal ini dapat merusak rambut. Segera bilas rambutmu dengan air bersih guna menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Pasalnya, klorin yang menempel pada rambut terlalu lama dapat menghisap minyak alami rambut, sehingga menyebabkan rambut kering.

Gunakan kondisioner

Pasca berenang, rambut kerap menjadi kasar dan kering. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan rambut kamu. So, setelah mencuci rambut dengan sampo, jaga kelembapan rambut dengan menggunakan kondisioner. Tidak hanya sekadar melembapkan, kondisoner juga mampu membut rambut menjadi lebih lembut, mudah diatur, dan tidak kusut.

Baca Juga: Rekomendasi Sampo dan Kondisioner Pilihan yang Ditujukan Khusus untuk Merawat Rambut Rusak. Coba, Yuk!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Tampil Natural dan Cantik dengan Lipstik Nude Menurut Ahlinya
Artikel Selanjutnya
7 Kesalahan Perawatan pada Rambut Basah yang Membuatnya Rusak