Sukses

Beauty

7 Kesalahan Perawatan pada Rambut Basah yang Membuatnya Rusak

Fimela.com, Jakarta Banyak yang tidak menyadari bahwa rambut basah merupakan rambut yang rapuh. Tidak bisa memperlakukan rambut basah sama dengan rambut kering.

Secara ilmiah, rambut basah terdapat protein yang membentuk keratin akan membentuk ikatan hidrogen yang lebih lemah. Sehingga rentan terhadap kerusakan ketika ditarik, ditekuk, dan diperlakukan dengan kasar.

Melansir dai Real Simple pada Senin (2/12/2019) ada beberapa kebiasaan merawat rambut basah yang akan membuatnya rusak. Kesalahan apa saja?

1. Mengurai kusut ketika rambut basah

Rambut yang kusut menjadi begitu sulit untuk diurai. Untuk mengurai helaian yang kusut jangan dilakukan ketika basah. Tunggu sampai rambut kering untuk mengurangi kemungkinan rambut rusak.

2. Menggunakan sisir lama pada rambut saja

Boleh saja sebenarnya karena biasanya sisir yang lama sudah memiliki tekstur yang lebih lentur. Namun untuk menghindari rasa sakit pada rambut, rambut dibengkokkan ketika disisir

3. Menyikat terlalu agresif

Jangan terlalu keras menyisir rambut yang basah. Lebih baik selalu mulai menyisir dari ujung rambut dan naik ke atas. Sambil memegang bagian rambut yang sedang dikerjakan.

 

4. Menggosok rambut terlalu keras

Bukan hanya persoalan bahan apa yang digunakan untuk mengeringkan rambut, namun lebih kepada bagaimana cara untuk mengeringkan rambut dengan aman. Meski dikatakan t-shirt adalah bahan terbaik untuk mengeringkan rambut, namun jika digosok terlalu agresif juga akan tetap merusak rambut.

5. Menggunakan alat pemanas sebelum benar-benar kering

Ini menjadi kebiasaan yang menakutkan jika mengeringkan rambut dengan alat pemanas. Alat tersebut akan membuat rambut seperti dimasak.

6. Memasangkan sanggul atau kuncir kuda

Elastisitas rambut berubah ketika basah. Rambut akan cenderung menyusut setelah kering. Sehingga sangat tidak disarankan untuk memasang sanggul atau menguncirnya. Jika rambut belum terlalu kering, lebih gunakan jepit rambut.

7. Mengeringkan rambut saat benar-benar basah

Blow dry dinilai menjadi solusi alternatif untuk mengeringkan rambut dengan cepat tanpa membuatnya rusak. Lebih baik keringkan dengan handuk untuk menyerap air berlebih baru kemudian gunakan alat pemanas.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading